Timnas Indonesia

Timnas Indonesia Dirumorkan Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2040, Exco PSSI Membantah



NOBARTV NEWS – Sebuah rumor mencuat terkait Indonesia yang diminta untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2040. Konon, permintaan itu disampaikan oleh Presiden FIFA Gianni Infantino ketika bertemu Erick Thohir dalam forum G20 di Bali. Akan tetapi, Arya Sinulingga dengan tegas membantah.

Sebagaimana diketahui, dalam waktu dekat ini, akan menjadi tuan rumah untuk ajang sepak bola 2023. Ini kali pertama Indonesia menjadi tuan rumah. Bahkan, untuk level Asia Tenggara, Indonesia menjadi tim kedua setelah Malaysia yang melangsungkan even tersebut.

Malaysia pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada tahun 1997. Setelah itu, tak ada tuan rumah asal Asia Tenggara hingga akhirnya Indonesia resmi terpilih untuk menjadi tuan rumah untuk edisi 2023.

Dengan statusnya sebagai tuan rumah, Timnas Indonesia yang dipimpin oleh Muhammad Ferrari tak perlu mengikuti seleksi untuk bisa tampil di even itu. Sebab dengan statusnya tersebut, skuad Garuda muda sudah dipastikan melangkah ke putaran final Piala Dunia U-20 2023. Saat ini, 24 kontestan sudah diumumkan dan Indonesia menjadi salah satunya.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 diumumkan FIFA pada tahun 2019 lalu. Saat itu, Indonesia mengalahkan dua pesaingnya yakni Brasil dan Peru. Keputusan itu dibuat ketika FIFA melakukan rapat dewan di Shanghai, China tepatnya di tanggal 24 Oktober 2019.

Dan saat ini, tersiar sebuah rumor yang menyebutkan Indonesia akan kembali menjadi tuan rumah untuk ajang sepak bola yang jauh lebih bergengsi. Jika saat ini Indonesia menjadi tuan rumah untuk level junior yakni Piala Dunia U-20, pada tahun 2040 mendatang, Indonesia disebut akan menjadi tuan rumah untuk Piala Dunia senior.

Rumor tersebut mencuat setelah adanya pertemuan antara Ketua Umum PSSI saat ini Erick Thohir. Jadi, sebelum menjadi Ketum PSSI, Erick sempat berbincang dengan Presiden FIFA Gianni Infantino ketika ia datang ke Indonesia dalam rangka memenuhi undangan forum G20 di Bali.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Namun dengan tegas, salah seorang anggota Exco PSSI Arya Sinulingga membantah. Ia memastikan berita tersebut tidaklah benar alias hoax. Sepanjang pertemuan Erick dengan Gianni saat itu, tak ada pembahasan terkait permintaan FIFA kepada PSSI terkait isu tersebut.

“Itu berita tak benar. Jadi sampai hari ini belum ada keputusan apapun dari FIFA mengenai penyelenggaran Piala Dunia 2040. Jadi informasi yang mengatakan FIFA meminta Indonesia jadi tuan rumah itu tak benar,” kata Arya Sinulingga.

Meski demikian, di luar ucapan dari Arya Sinulingga itu, Erick pernah mengungkapkan keinginannya untuk menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034. Erick berharap Piala Dunia U-20 ini bakal sukses sehingga bisa dijadikan modal untuk mengajukan diri dalam bidding Piala Dunia 2034 nanti.

“Piala Dunia U-20 ini event terbesar nomor dua FIFA. Ini jalan besar, kalau ini sukses untuk (modal sebagai tuan rumah) Piala Dunia 2034,” kata Erick Thohir di tempat terpisah.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid