Timnas Indonesia

Update Rangking FIFA: Vietnam Terbaik di ASEAN, Indonesia Ungguli 5 Negara Eropa Ini

TOPIK BERITA :


Update Rangking FIFA: Vietnam Terbaik di ASEAN, Indonesia Ungguli 5 Negara Eropa Ini
Selebrasi gol punggawa

NOBARTV NEWS – FIFA telah merilis rangking terbaru sepak bola putra pada Kamis, 25 Agustus 2022. Dalam rilis baru tersebut, posisi pertama masih dipegang oleh Timnas Brasil, disusul Belgia dan Argentina di posisi kedua dan ketiga. Untuk kawasan Asia, Timnas Iran memimpin di posisi 22. Adapun untuk wilayah Asia Tenggara, skuad asuhan Park Hang-seo bertengger di peringkat 97 dunia.

Hanya Vietnam, satu-satunya tim asal Asia Tenggara yang mampu menembus 100 besar. Saat ini, poin yang telah dikumpulkan The Golden Starts berjumlah 1218,84.

Timnas Thailand menyusul Vietnam sebagai tim kedua terbaik di zona Asia Tenggara dengan poin 1170,69. Tim Gajah Perang (julukan Timnas Thailand) menduduki peringkat ke-111 dunia.

Meski tim muda Filipina tidak pernah mampu unggul atas skuad muda Garuda, namun untuk tim seniornya, skuad The Azkals menjadi tim ketiga terbaik di Asia Tenggara. Untuk level dunia, Filipina berada di peringkat ke-134 dengan torehan poin 1115,13.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Lalu di mana Indonesia?

Ternyata, Timnas Indonesia tidak mengalami perubahan. Marc Klok dkk masih di luar zona 150 besar. Skuad asuhan Shin Tae-yong itu baru mengumpulkan 1019,19 poin. Garuda Indonesia masih tertahan di posisi 155 dunia.

Timnas Malaysia yang merupakan seteru abadi Indonesia berada di peringkat yang lebih baik yakni 148 dunia. Dengan demikian, Indonesia berada tepat di peringkat ke-5 zona Asia Tenggara. Indonesia hanya kalah dari Vietnam, Thailand, Filipina, dan Malaysia.

Meski berada di posisi yang tak menguntungkan, namun ternyata peringkat Timnas Indonesia jauh lebih baik dari lima negara Eropa berikut.

Kelima negara tersebut adalah Malta (169 poin 974,68), (Moldova 177 poin 944,96), (Liechtenstein 194 poin 873,99), (Gibraltar 200 poin 856,55), dan terakhir (San Marino 211 poin 763,82).

Adapun Curacao, tim asal Amerika Selatan yang merupakan calon lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday September mendatang masih bertengger di posisi 84 dunia. Dengan demikian, kemenangan atas Curacao nanti akan menjadi kado terindah bagi Indonesia menjelang akhir tahun ini.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Sebab hanya dengan kemenangan, berapapun hasil akhir (asal menang), bisa dipastikan peringkat Indonesia akan melesat naik sehingga mampu mencapai target yang sudah ditentukan yakni finis di peringkat 150 besar pada tahun 2022.

Semoga di dua laga melawan Curacao nanti mampu dimanfaatkan sebaik mungkin – karena pertaruhan tersebut akan ditentukan dalam dua pertandingan. Pertama di Stadion Gelora Bandung Lautan Api dan kedua, di Jakarta Internasional Stadium.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

2 Comments