Timnas Indonesia

Deretan Pemain Naturalisasi Indonesia yang Tak Pernah Dipanggil ke Tim Nasional, Siapa Saja?

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Menjadi pemain naturalisasi di Indonesia tidak menjamin dirinya diberi kesempatan untuk membela . Berikut deretan pemain naturalisasi Indonesia yang hingga detik ini tak pernah dilirik untuk bermain dengan skuad Garuda.

Seperti yang diketahui, PSSI saat ini sedang getol untuk melakukan proses naturalisasi. Setelah sebelumnya sukses mendatangkan nama-nama seperti Sandy Walsh, Jordi Amat, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, dan terbaru Jay Idzes, federasi sepakbola Indonesia itu kembali melirik nama-nama lain.

Tercatat, untuk saat ini PSSI sedang melakukan proses naturalisasi terhadap empat pemain baru Timnas Indonesia. Mereka adalah Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, Maarten Paes dan Nathan Tjoe-A-On. Diprediksi, para pemain yang sedang melakukan proses naturalisasi ini sudah bisa debut pada Maret mendatang dalam ajang 2026 melawan Vietnam.

Ya, dengan adanya pemain naturalisasi tersebut, skuad Garuda diharapkan mampu berbicara banyak di level yang lebih tinggi. Sebab tak bisa dipungkiri, alasan utama dari naturalisasi memang seperti itu. Oleh karenanya, PSSI tidak serta merta mengajukan permohonan naturalisasi. Ia – sang pemain harus mendapat restu dari sang pelatih Shin Tae-yong. Jika Shin merestui, maka dilakukanlah proses naturalisasi tersebut. Sebab hanya Shin Tae-yong lah yang paling tahu dengan komposisi serta kebutuhan tim.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Akan tetapi, jauh sebelum proses naturalisasi yang sedang berjalan saat ini dilakukan, terdapat beberapa pemain lain yang sudah melakukan naturalisasi. Mereka yang mengajukan permohonan naturalisasi tersebut adalah yang sudah menetap lama di Indonesia. Berarti, proses tersebut tidak diawali oleh keinginan PSSI melainkan berdasarkan keinginannya sendiri.

Deretan Pemain Naturalisasi Indonesia yang Tak Pernah Dipanggil ke Tim Nasional, Siapa Saja?
Salah satu pemain naturalisasi Indonesia Fabiano Beltrame (sumber gambar: Instagram @fabianobeltrame15)

Dan mirisnya, meskipun para pemain tersebut sudah berstatus WNI lewat jalur naturalisasi itu, namun hingga saat ini banyak di antaranya yang belum pernah dipanggil ke Timnas Indonesia. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya:

1. Herman Dzumafo

Pemilik nama lengkap Herman Dzumafo Epandi ini resmi menjadi WNI sejak tahun 2017. Sayangnya, meskipun ia tergolong sebagai striker ganas, namun Timnas Indonesia sampai saat ini belum pernah menggunakan jasanya.

2. Silvio Escobar

Lahir di Paraguay pada 18 Juli 1986 lalu dan menyandang status WNI sejak tahun 2018, pesepakbola yang kini merumput di Liga 2 bersama Persela Lamongan ini belum pernah dipanggil ke Timnas Indonesia.

3. Guy Junior

Sebelum Silvio Escobar dan Herman Dzumafo Epandi, pada tahun 2016 lalu Guy Junior lebih dulu melakukan proses naturalisasi. Berkarier di Indonesia sejak tahun 2005, pemain dengan posisi striker ini belum bisa menarik perhatian dari beberapa pelatih Timnas Indonesia.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

4. Charles Orock

Lahir dan besar di Kamerun, pemain yang lahir pada 6 Mei 1983 ini tak pernah dilirik sekalipun oleh Timnas Indonesia. Charles Orock sendiri resmi menjadi WNI pada tahun 2017 kemarin.

5. OK John

OK John merupakan pemain naturalisasi yang sudah merumput dengan beberapa tim besar seperti Madura United, Persebaya, hingga Persija. Sayangnya, nama besar klub yang dibelanya tak bisa membuat dirinya dilirik oleh Timnas Indonesia.

6. Zoubairu Garba

Satu pemain asal Kamerun lainnya yakni Zoubairu Garba resmi menjadi WNI pada tahun 2019 lalu. Akan tetapi, Garba tidak pernah dapat kesempatan untuk membela Timnas Indonesia.

7. Mohammadou Al-Hadji

Tercatat, Mohammadou Al-Hadji pernah membela beberapa klub di Indonesia seperti PKT Bontang, Persik Kediri, PSMS Medan, hingga Barito Putera. Al-Hadji yang resmi menyandang status WNI sejak 31 Januari 2018 ini tak sekalipun pernah dilirik oleh Timnas Indonesia.

8. Fabiano Beltrame

Saat ini, Fabiano Beltrame berstatus sebagai pemain PSBS Biak di Liga 2. Ia berada di tim yang sama dengan Beto Goncalves yang juga berstatus sebagai pemain naturalisasi. Sayangnya, Beto – sudah pernah bermain dengan Timnas Indonesia sedangkan dirinya belum pernah sama sekali.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *