Timnas Indonesia

Skuad Garuda Jadi Tim Termuda sekaligus Peringkat FIFA Terendah di 16 Besar Piala Asia 2023



NOBARTV NEWS – 16 tim sudah memastikan diri lolos ke babak knock-out Piala Asia 2023. Dalam daftar 16 tersebut, skuad Garuda menjadi tim termuda sekaligus dengan peringkat FIFA paling rendah.

Seperti yang diketahui, beberapa waktu lalu, pertandingan di seluruh fase grup Piala Asia 2023 sudah selesai digelar. Dalam sekian banyaknya pertandingan yang melibatkan 24 tim itu, terpilih lah 16 di antaranya yang kini kembali bersaing di babak 16 besar.

Dari 16 tim tersebut, 12 di antaranya merupakan juara dan runner-up grup. Sedangkan sisanya yakni 4 tim, mereka adalah peringkat tiga terbaik dari enam grup yang ada. Jadi, dari enam tim yang berstatus sebagai peringkat tiga di fase grup tersebut, empat di antaranya berhak lolos ke babak selanjutnya. Dan di sinilah berada.

Tergabung dalam grup D bersama Timnas Irak, Jepang, dan Vietnam, anak asuh Shin Tae-yong itu menempati peringkat ketiga klasemen akhir. Marc Anthony Klok dkk sepanjang fase grup cuma mampu meraih satu kemenangan saja. Kemenangan tersebut didapatkan atas Timnas Vietnam dengan skor akhir 1-0. Adapun di laga lainnya, mereka selalu menelan kekalahan. Di partai pembuka kontra Irak, skuad Garuda dipermalukan 3-1. Sedangkan di laga pamungkas versus Jepang, mereka lagi-lagi dibantai oleh Samurai Biru 1-3.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Skuad Garuda Jadi Tim Termuda sekaligus Peringkat FIFA Terendah di 16 Besar Piala Asia 2023
Skuad Garuda dalam sebuah pertandingan (sumber: ig @sandywalsh)

Walaupun demikian, hanya dengan tiga poin yang didapatkannya itu, skuad Garuda dinyatakan lolos sebagai salah satu tim yang berlaga di babak 16 besar nanti. Hal itu dikarenakan dua peringkat tiga lainnya memiliki poin lebih rendah dari Timnas Indonesia. Atas dasar itulah, berkat kemenangan tunggalnya, skuad Garuda memastikan satu tempat di babak 16 besar untuk pertama kalinya sepanjang sejarah.

Dan menariknya, dari 16 tim yang akan berlaga di babak knock-out ini, skuad Garuda menjadi tim termuda sekaligus berperingkat paling rendah berdasarkan rangking FIFA. Sebelumnya, ketika masih di fase grup, Timnas Indonesia jadi tim peringkat terendah kedua. Anak asuh Shin Tae-yong itu hanya lebih baik dari Timnas Hongkong saja.

Akan tetapi, dengan tersingkirnya Hongkong di fase grup, maka sematan tim peringkat paling rendah kini ada pada Timnas Indonesia. Diketahui, saat ini skuad Garuda berada di peringkat 146 dunia dengan poin 1064,01. Dan di babak 16 besar nanti, skuad Garuda akan berhadapan dengan Timnas Australia yang di mana berada di peringkat 25.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Selain menjadi tim dengan peringkat paling rendah, seperti yang disebutkan di awal tadi, Timnas Indonesia juga menjadi tim dengan rata-rata usia paling muda. Tercatat, usia rata-rata pemain Timnas Indonesia adalah 22,5 tahun. Skuad Garuda lebih muda dibandingkan dengan Timnas Jepang dengan usia rata-rata 23,7 tahun, Uzbekistan 23,9 tahun, Arab Saudi, 24,2 tahun dan Irak: 24,2 tahun.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *