Piala Dunia 2022

Resmi! Sadio Mane Jadi Pemain Terbaik Afrika, Gelar Piala Dunia Jadi Target Berikutnya

TOPIK BERITA :


Resmi! Sadio Mane Jadi Pemain Terbaik Afrika, Gelar Piala Dunia Jadi Target Berikutnya
Sadio Mane Jadi Pemain Terbaik Afrika

NOBARTV NEWS – Empat bulan sebelum gelaran , bintang Senegal Sadio Mane akhirnya dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Afrika pada Kamis waktu setempat. Gelar ini menjadi yang kedua kalinya bagi pemain berusia 30 tahun tersebut.

Mane yang bulan lalu resmi bergabung dengan raksasa Jerman Bayern Muenchen tersebut berhasil menyingkirkan dua kandidat lainnya yakni rekan senegara Eduardo Mendy dan mantan rekannya di Liverpool, Mohamed Salah.

Dia pemenang terakhir penghargaan ini pada 2019. Konfederasi Sepak Bola Afrika tidak memberikan penghargaan ini selama dua tahun terakhir padanya.

Sementara itu rekan setimnya di Senegal, Mendy yang bermain untuk Chelsea, dinobatkan sebagai penjaga gawang terbaik di dunia dalam penghargaan FIFA 2021 pada Januari, demikian dikutip dari Reuters.

Ungguli Mohamed Salah di Dua Tahun terakhir

Wajar bila Mane akhirnya keluar sebagai pemain terbaik Afrika di musim 2021/2022. Pasalnya sang pemain menunjukan eksistensi yang luar biasa baik itu di level timnas maupun klub.

Di musim sebelumnya, Mane juga mampu mengungguli Salah dalam pemungutan suara di tahun 2019. Salah yang tercatat memenangkan penghargaan ini pada 2017 dan 2018 kini harus mengakui pencapaian Mane sebagai pesaing beratnya.

Di sela-sela penerimaan penghargaan pemain terbaik, Mane pun berujar. “Saya mendedikasikan penghargaan ini untuk kaum muda Senegal,” kata Mane kepada hadirin dalam penghargaan CAF di Rabat. Setelah terbang dari Washington DC di mana di sana dia mencetak gol saat Bayern mengalahkan DC United pada Rabu.

Perjalanan Mane Raih Penghargaan Pemain Terbaik

Kiprah Mane ditahun 2022 bersama timan Senegal terbilang cukup fantastis, sang pemain mampu membawa negaranya menjadi yang terbaik di tanah Afrika usai memenangi gelaran .

Di mana pada laga final mereka mampu menundukan Mesir yang dimana merupakan negara asal pesaing terberatnya Mohamed Salah.

Dimana pada laga tersebut Mane menciptakan gol penentu kemenangan dari tendangan penalti yang membawa Senegal menjuarai Piala Afrika pertamanya.

Ia kemudian mengulangi sukses di Piala Afrika ketika membawa Senegal mengamankan tiket putaran final Piala Dunia 2022 yang akan berlangsung November mendatang.

Dengan catatan tersebut Mane akhirnya mengungguli penyerang timnas Mesir Mohamed Salah yang juga mantan rekan satu timnya di Liverpool, dan sesama pemain Senegal Edouard Mendy.

Mane Punya Ambisi Bawa Senegal Juara Piala Dunia

Belum lama ini, Sadio Mane mengungkapkan ambisinya untuk membawa Senegal melangkah jauh pada gelaran Piala Dunia 2022 mendatang.

Ia cukup yakin dengan skuad yang dimiliki Senegal saat ini, hal tersebut cukup beralasan jika melihat penampilan apik Mane dan kolega di gelaran Piala Afrika tahun yang lalu.

“Setelah memenangkan penghargaan pemain terbaik rasanya saya harus mempersiapkan diri untuk menyambut gelaran Piala Dunia di Qatar, kami akan kesana buka sebagai pelengkap tapi akan berusaha memenanginya” ujar Mane.

Patut di nanti penampilan Mane bersama timnas Senegal dalam gelaran Piala Dunia yang akan datang, mampukah sang pemain membawa Senegal menjadi yang terbaik di gelaran empat tahunan ini.

Peter Nawa Nawa

Penggila sepakbola yang tidak bisa bermain bola, tapi cukup lihay dalam menulis berita bola