Timnas Indonesia

Persija Buat Persyaratan untuk Lepas 4 Pemainnya ke Timnas U-20

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Dari sembilan pemain yang dimintai PSSI untuk bergabung dengan TC , Persija baru menyerahkan lima pemain. Untuk sisanya yakni empat orang, Persija memberikan syarat jika Shin ingin memakainya.

Sebagaimana diketahui, lewat dari satu minggu sejak pemusatan latihan Timnas U-20 dilakukan, masih banyak tim yang belum juga melepas pemainnya. Persija tercatat baru menyerahkan lima nama, Persib belum menyerahkan satu pun dari tiga pemainnya, bahkan dua pemain lain yakni Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh juga belum bergabung sama sekali.

Jadi, dari 30 pemain yang sudah dipanggil, Shin baru melatih 21 orang saja. Sedangkan sisanya masih bertahan dan beberapa di antaranya juga sedang berada di luar negeri. Khusus untuk Marselino Ferdinan, gelandang serang Timnas Indonesia itu baru diresmikan oleh klub Belgia KMSK Deinze sehingga dirinya sulit untuk bergabung dalam TC tersebut. Sedangkan Ronaldo Kwateh, pemain Madura United itu diketahui sedang melakukan trial di salah satu klub Turki.

Sementara itu pemain Persib yang belum hadir adalah Ferdiansyah, Kakang Rudianto, dan Robi Darwis. Sedangkan Persija belum melepas Muhammad Ferarri, Alfriyanto Nico, Dony Tri Pamungkas, dan Cahya Supriadi. Untuk Persib dan Persija, kedua klub papan atas Liga 1 itu belum rela melepas pemainnya karena keduanya masih bersaing untuk memperebutkan gelar juara Liga 1 musim ini. Para pemain yang ditahan tersebut juga merupakan pemain inti di klub berjuluk Macan Kemayoran dan Maung Bandung tersebut.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Meski demikian, setelah sempat menahan pemainnya, Persija kini mulai melunak. Klub ibukota tersebut mau melepas pemainnya namun mereka memiliki persyaratan yang harus dipenuhi oleh Timnas Indonesia dan PSSI. Persyaratan yang diberikan Persija disampaikan dalam rapat virtual yang dihadiri oleh Thomas Doll dan Nova Arianto selaku asisten STY. Rapat tersebut diinisiasi oleh PSSI sebagai bentuk kepedulian dan untuk mencari jalan keluar terkait polemik pemanggilan pemain tersebut.

“Hasil pertemuan itu sudah disampaikan kepada saya dan ada beberapa hal teknis yang harus diputuskan tim kepelatihan Timnas Indonesia U-20,” kata Indra Sjafri.

“Persija akan melepas. Mungkin ada beberapa persyaratan. Saya belum pelajari apa yang diinginkan oleh Persija. Perlu ada diskusi lanjutan sepertinya. Saya sebagai Direktur Teknik PSSI sudah memfasilitasi pertemuan kedua pelatih,” ujar Indra menambahkan.

Sementara itu, Shin Tae-yong juga angkat suara setelah pertemuan tersebut. Meski tidak hadir, Shin sudah mengetahui persyaratan yang diminta Persija untuk melepas pemainnya ke Timnas Indonesia.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Kata Shin, Persija akan segera melepas pemainnya. Namun khusus untuk Cahya Supriadi, Persija baru bisa melepas kiper Timnas U-20 satu hari menjelang pertandingan. Sebab saat ini Cahya berstatus sebagai kiper kedua Persija Jakarta. Tanpanya, Persija tentu tak ingin mengambil resiko dalam mengarungi Liga 1 tanpa dirinya.

“Ada beberapa opsi yang kami dan Persija berikan. Tapi, memang ada satu masalah dari persija. Mereka minta Cahya dilepas ke Timnas Indonesia U-20 ketika H1- pertandingan,” kata Shin Tae-yong.

“Kami bisa mengerti karena kiper nomor dua di Persija tidak ada. Oke. Itu saya setujui. Apalagi sebentar lagi ada turnamen mini di Jakarta,” tutup mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

5 Comments