Timnas Indonesia

Terburu-buru hingga Salah Oper Bola, Justin Hubner Ungkap Kelemahan Timnya ketika Dipermak Prancis 6-0



NOBARTV NEWS – Sungguh sial bagi Ivan Jenner dan Justin Hubner. Dalam tiga laga uji coba yang ia lakoni bersama Garuda muda, tak satupun laga yang berakhir dengan kemenangan. Terakhir, skuad Garuda muda dipermak habis Timnas Prancis 6-0. Justin Hubner angkat suara terkait kekalahan telak itu.

Sebagaimana diketahui, Ivan Jenner dan Justin Hubner bergabung dengan ketika Marselino Ferdinan dkk masih berada di Turki. Saat itu, skuad Garuda muda terpaksa bertahan di sana karena visa (ke Spanyol) tak kunjung rampung. Justin Hubner dan Ivan Jenner berencana untuk bergabung di pemusatan latihan di Spanyol namun karena skuad Garuda muda masih tertahan di sana (Turki), mereka pun memutuskan untuk bergabung lebih cepat (di Turki).

Beruntung bagi keduanya, setibanya di Turki, Timnas Indonesia U-20 ternyata menyimpan dua laga uji coba sebelum bertolak ke Spanyol. Dua laga uji coba tersebut adalah melawan tim asal Norwegia Baerum SK U-20 dan tim asal Arab Saudi Al-Adalah FC. Sayang, di dua laga itu, Timnas Indonesia gagal meraih kemenangan. Di laga melawan Baerum SK, Garuda muda ditahan imbang 3-3 sedangkan di laga melawan Al-Adalah Garuda muda takluk dengan skor akhir 2-0.

Dan di pertandingan ketiga Ivan Jenner dan Justin Hubner, Garuda muda dihadapkan dengan lawan kuat sekaligus kontestan 2023 Timnas Prancis. Timnas Prancis U-20 diisi oleh beberapa pemain abroad kelas dunia. Bahkan beberapa pemainnya menjadi andalan di klub-klub besar yang dibelanya. Laga itu merupakan laga uji coba pertama Timnas Indonesia di Spanyol dalam tajuk Costa Calida Region de Murcia Football Week.

Dan seperti yang telah diduga, kekuatan Timnas Indonesia tak ada apa-apanya di hadapan skuad muda Prancis. Di babak pertama, Garuda muda dihujani 3 gol. Tak selesai sampai di sana, memasuki babak kedua, gawang Indonesia kembali dibobol sebanyak 3 kali. Skor telak 6-0 menjadi akhir dari pertandingan pertama Garuda muda di Negeri Matador Spanyol.

Atas hasil itu, bek Garuda muda Justin Hubner angkat bicara. Banyak kekurangan yang harus diperbaiki oleh timnya. Pertama, Timnas Indonesia gagal mengontrol permainan. Lalu tidak bisa menjaga keseimbangan dan kerap kehilangan bola.

“Tugas kami untuk mengontrol tim, menjaga keseimbangan tim, menjaga bola lebih baik,” ujar Justin Hubner usai laga.

Tidak hanya itu, menurutnya, Garuda muda bermain terburu-buru sehingga di dalam lapangan fokus mereka buyar begitu saja. Justin berharap ke depannya, dalam sesi latihan, ia dan rekan-rekannya lebih banyak latihan dalam mengoper bola karena di situ letak kelemahan Timnas Indonesia.

“Bila melihat pertandingan, banyak pemain yang bermain terburu-buru, umpan mereka juga tidak cukup bagus. Kami butuh latihan lebih banyak dalam mengoper bola,” tambah pemain muda Wolverhampton Wanderers U-21 itu.

“Kami butuh latihan lebih banyak dalam mengoper bola, mencoba menjaga bola, lebih rileks dan percaya diri ketika menguasai bola. Saya rasa itu adalah hal penting dan kami tidak percaya diri hari ini,” tutupnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

2 Comments

  1. Selain mental.
    Latihan Passing, control, mencari ruang harus lebih digalakan, saat latihan rondo ku lihat pemain² masih berantakan bermain one two touch, dan dilaga melawan tim yg main high pressing sprti prancis baru kelihatan betapa pentingnya latihan rondo dengan benar.