Timnas Indonesia

FAM Beberkan Alasan Tak Undang Indonesia di Piala Merdeka 2023

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) membeberkan alasannya tak mengundang Indonesia di Piala Merdeka 2023. Peringkat yang berada jauh di bawahnya menjadi penyebabnya.

Sebagaimana diketahui, setelah bertahun-tahun tak melaksanakan even Piala Merdeka, pada tahun 2023 ini FAM akhirnya kembali menyelenggarakan even tersebut. Pada edisi-edisi sebelumnya, Timnas Indonesia menjadi salah tamu undangan yang diikutsertakan. Namun pada tahun ini tidak.

Diketahui, Malaysia hanya mengundang Timnas Thailand dan Vietnam untuk wilayah Asia Tenggara. Sedangkan untuk wilayah Asia Barat, Federasi Sepak Bola tertinggi di Malaysia itu mengundang Timnas Suriah dan Palestina.

Alasan terpinggirkannya Timnas Indonesia dari turnamen tersebut sempat mencuat. Pasalnya, di turnamen Kings Cup 2022 yang diselenggarakan di Thailand, FAT juga tak mengundang Indonesia. Berbagai rumor menyebut Indonesia dipandang sebelah mata – bahkan tak terlalu dianggap sebagai tim yang menakutkan di wilayahnya.

Baca Juga:  Usai Piala Asia U23, STY Jauhkan Skuad Garuda dari Hiruk Pikuk Sepak Bola

Hingga pada akhirnya, Ketua Komite Kompetisi FAM Firdaus Mohamed pun membeberkan alasannya (tak mengundang Indonesia). Ternyata, peringkat Indonesia di rangking FIFA menjadi alasannya.

Untuk diketahui, per 21 Januari ini, Timnas Indonesia berada di peringkat 151 dunia. Sementara itu, Timnas Malaysia selaku tuan rumah berada jauh di atasnya yakni peringkat 145 dunia. Dari data tersebut, sudah jelas Malaysia tengah mencari tim dengan peringkat lebih baik dari mereka.

Saat ini, peringkat Timnas Vietnam dan Thailand selaku tim undangan berada jauh di atas Malaysia. Bahkan, Vietnam yang notabenenya berada di wilayah Asia Tenggara saja mampu berada di peringkat 100 besar. Skuad The Golden Stars Warriors itu berada di posisi 96 dunia sedangkan Thailand 111. Adapun dua tim undangan lainnya yakni Suriah dan Palestina masing-masing berada di peringkat 90 dan 93 dunia.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Bagi FAM, melawan ke-empat tim tersebut dianggap sebagai langkah baik jelang tampil di Piala Asia 2023.

“Saya pribadi melihat dua tim Asia Tenggara seperti Vietnam dan Thailand yang benar-benar punya kualitas dan standar permainan di level Asia,” terang Firdaus Mohamed kepada media Malaysia Metro.

“Jika kita melihat kepada gelaran terbaru, performa kedua tim memang benar-benar berada di standar Asia dan kami bisa mengundang mereka ke Piala Merdeka. Sebab, kami menginginkan kompetisi ini sebagai ranah persiapan menjelang Piala Asia juga,” ujarnya menambahkan.

Sekadar untuk diketahui, Piala Merdeka akan memasuki edisi ke-42 pada tahun 2023 ini. Dalam 41 edisi sebelumnya, Timnas Indonesia sudah beberapa kali menjuarai turnamen mini tersebut. Pertama pada tahun 1961, lalu 1962, dan terakhir pada tahun 1969.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

6 Comments