Timnas Indonesia

Soal Justin Hubner yang Dipanggil Timnas Indonesia, Ratu Tisha: Tidak Masalah!



NOBARTV NEWS – PSSI lewat Wakil Ketua Umum 2 Ratu Tisha ikut mengomentari pemanggilan Justin Hubner ke Timnas Belanda U-20. Eks Sekjen PSSI itu menyebut tak masalah jika KNVB (Federasi Sepak Bola Belanda) memanggil calon pemain naturalisasi Timnas U-20 itu.

Sebagaimana diketahui, beberapa waktu lalu, publik sepak bola Indonesia dibuat heboh karena pemanggilan Justin Hubner ke Timnas Belanda U-20. Saat itu, Justin diminta untuk mengikuti TC Timnas Belanda U-20 jelang melawan Timnas Prancis U-20.

Ya, pemanggilan tersebut tak lepas dari performa apik Justin Hubner ketika membela klub Inggris Wolverhampton Wanderers U-21. Oleh sebabnya, pemain yang berposisi sebagai bek tengah itu diminta untuk mengikuti TC tersebut.

Akan tetapi, di saat yang bersamaan Justin Hubner dan dua pemain keturunan lainnya sedang dalam proses naturalisasi. Ketiganya termasuk Rafael Struick (ADO Den Haag) dan Ivar Jenner (FC Utrecht U-21) tengah diproses untuk menjadi pemain U-20. Ketiganya diproyeksikan untuk tampil membela Garuda muda di 2023. Oleh sebab itu, PSSI dan Kemenpora RI meminta kepada pemerintah RI untuk dilakukan proses naturalisasi terhadap tiga nama tadi.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Kemarin, DPR RI dan Menpora RI serta PSSI melakukan sidang terkait proses naturalisasi ketiganya. Proses tersebut baru dilanjutkan di meja DPR karena beberapa waktu lalu para anggota DPR sedang dalam masa reses.

Di kesempatan itu, Ratu Tisha dan Zainudin mewakili PSSI. PSSI dicecar oleh anggota DPR RI terkait alasan utama mengapa Pemerintah RI harus memberikan hak kewarganegaraan kepada mereka.

Pasca sidang, Ratu Tisha ikut mengomentari pemanggilan Justin Hubner ke Timnas Belanda U-20 beberapa waktu lalu itu.

“Bukan apa atau enggak apa-apa, bukan feeling kita ngomongnya. Jadi kami ngomong berdasarkan pasal,” kata Ratu Tisha ke awak media usai sidang tersebut.

Lebih lanjut, kata Tisha, pemanggilan tersebut bukanlah sebuah masalah. Bahkan jika Justin Hubner membela Timnas Belanda U-20, proses naturalisasi tersebut tetap bisa dilanjutkan seperti biasa. Asalkan ia belum berusia 20 tahun, siapapun dia, maka yang bersangkutan masih bisa untuk diproses untuk menjadi WNI. Tisha berani mengatakan hal itu karena ia berpedoman dari pasal 9 yang sudah diatur dalam FIFA.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

“Berdasarkan peraturan FIFA tidak ada masalah, ada di Pasal 9 menyebut bahwa sebelum berusia 20 tahun itu tidak masalah,” ujarnya menambahkan.

Daripada memusingkan hal tersebut, Tisha meminta kepada khalayak sepak bola tanah air untuk menunggu proses naturalisasi itu rampung. Karena kata Tisha lagi, Justin sudah setuju untuk bergabung dengan Timnas Indonesia.

“Sudah, kita tunggu saja. Secara consent legal dia sudah setuju (gabung Indonesia). Jadi pegangannya dokumen legal,” ujarnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

2 Comments