Timnas Indonesia

Persaingan Posisi Fullback Kiri Memanas! Pattynama Siap Ambil Alih Posisi Pratama Arhan



NOBARTV NEWS – Bek sayap Shayne Pattynama merasa fit dan siap bertarung jelang leg kedua 2026 ronde kedua. Ia bahkan mengaku sudah bisa beradaptasi dengan permainan Timnas Indonesia. Hal tersebut mengindikasikan kalau sang pemain siap untuk menjadi pemain inti menggantikan posisi Pratama Arhan.

Sebagaimana diketahui, pada malam hari ini, Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong akan memainkan leg kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ronde pertama. Di ronde pertama ini, skuad Garuda dihadapkan dengan Timnas Brunei Darussalam. Dalam leg pertama sebelumnya, Marc Anthony Klok dkk sukses membungkam sang lawan dengan skor telak 6-0 dalam laga yang dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta.

Enam gol skuad Garuda kala itu dicetak oleh hattrick Dimas Drajad, brace Ramadhan Sananta, dan satu gol lainnya dari bek milik Persija Jakarta Rizky Ridho.

Di samping kemenangan besar itu, ada satu sosok pemain yang mencuri perhatian. Adalah Shayne Pattynama, bek sayap Viking FK itu masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua – tepatnya pada menit ke-73. Ia menggantikan posisi pemain abroad lainnya Pratama Arhan.

Meskipun Pattynama masuk sebagai pemain pengganti, tapi mantan pemain SC Telstar itu justru tampil begitu memukau. Bahkan, rating pemain yang kini mencatatkan caps keduanya dengan Timnas Indonesia melebihi pemain yang diganti yakni Arhan. Rating Arhan dari penampilan tersebut adalah 4,3 sedangkan Pattynama dengan 4,4.

Persaingan Posisi Fullback Kiri Memanas! Pattynama Siap Ambil Alih Posisi Pratama Arhan
Aksi Pattynama di laga kontra Argentina beberapa waktu lalu

Tidak sekadar berdasarkan rating saja, penampilan sang pemain juga mendapat pujian dari banyak orang. Pergerakan tanpa bola, umpan yang diberikan, hingga akselerasi sang pemain benar-benar berbeda jika dibandingkan dengan laga pertamanya bersama Timnas Indonesia Juni (versus Argentina) lalu.

Tak ayal, Pattynama kini jauh lebih difavoritkan untuk menjadi pemain inti di leg kedua kontra Brunei. Sang pemain sendiri dari keterangan yang disampaikannya beberapa waktu lalu mengindikasikan kalau ia siap untuk merebut tempat utama. Walau tak menyebut secara gamblang kalau dirinya siap merebut posisi Arhan, tapi dari ucapan yang ia lontarkan tersebut bisa dimaknai jika dirinya sudah fit dan siap menjadi pilihan utama.

“Kondisi fisik baik, saya sudah mulai bisa beradaptasi. Setelah perjalanan kemarin menuju Brunei Darussalam, saya juga sudah tidur cukup beberapa hari ini,” kata Pattynama.

“Jadi saya dalam kondisi fit, latihan juga bagus tadi. Saya siap untuk laga nanti,” katanya memungkasi.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment