Timnas Indonesia

Demi Tingkatkan Kualitas Pemainnya, Pelatih Kamboja Keisuke Honda Siap Tiru Cara Timnas Indonesia



NOBARTV NEWS – Pelatih Timnas Kamboja Keisuke Honda tampaknya ingin mengikuti jejak . Dalam wawancara terbarunya, ia ingin melakukan proses naturalisasi untuk skuad Timnas Kamboja demi meningkatkan kualitas pemainnya. Hal yang direncanakan Honda ini sudah jauh lebih dulu diterapkan oleh Timnas Indonesia.

Sebagai contoh, di tahun ini saja, PSSI bersama Menpora serta pemerintah terkait sedang memproses tujuh pemain naturalisasi sekaligus. Tiga di antaranya merupakan pemain senior dan empat pemain muda.

Tiga pemain senior yang dimaksud adalah Sandy Walsh (KV Mechelen), Jordi Amat (Johor Darul Takzim) dan Shayne Pattynama (Viking FK). Ketiga pemain tersebut diproyeksikan tampil di Piala Asia 2023.

Adapun untuk pemain muda, PSSI akan mendatangkan empat pemain sekaligus guna menyambut Piala Asia U-20 dan 2023. Hanya saja, sampai saat ini, baru dua pemain yang dikonfrimasi sedang melakukan proses naturalisasi. Dua pemain tersebut adalah Ivan Jenner (FC Utrecht U-21) dan Justin Hubner (Wolverhampton Wanderers U-21).

Senada dengan apa yang dikatakan Honda, proses naturalisasi bagi Timnas Indonesia juga demi meningkatkan kualitas pemainnya. Sebab Piala Asia 2023 dan Piala Dunia begitu penting, maka dibutuhkan amunisi tambahan berupa pemain keturunan yang sudah kenyang dengan pengalaman bermain di tanah Eropa.

Kepada media asal Thailand Main Stand, pelatih yang menjabat sejak 2018 itu mengungkapkan keinginannya untuk menaturalisasi pemain. Ia mengambil contoh negara lain (seperti Indonesia) yang sudah lebih dulu melakukannya.

“Saya pikir (pemain naturalisasi) akan menjadi opsi yang baik untuk timnas Kamboja. Ketika melihat di luar Kamboja, banyak yang telah melakukannya,” ujar Honda kepada Main Stand.

“Saya pikir kita juga harus mempertimbangkannya (naturalisasi) untuk melakukan hal yang sama di timnas kita. Tentu para pemain akan membantu timnas,” ujarnya menambahkan.

Di skuad Kamboja sendiri, terdapat satu pemain keturunan Amerika yang menariknya menjadi satu-satunya pemain abroad Timnas Kamboja saat ini. Adalah Nick Taylor, pemain kelahiran 2 September 1998 ini merupakan penyerang yang saat ini bermain untuk Orlando City B di MLS Next Pro atau kasta ketiga Serikat.

“Nick adalah salah satu pemain terbaik. Dia telah berlatih dengan level yang bagus di AS untuk waktu yang lama. Dia punya karakter baik dan saya mudah berkomunikasi dengan mudah. Saya optimis tentangnya dan masa depannya,” tutup Honda.

Dalam waktu dekat ini, tim asuhan Keisuke Honda itu akan berjumpa dengan Timnas Indonesia dalam fase grup 2022. Keduanya tergabung di grup A bersama Timnas Thailand, Filipina, dan salah satu pemenang play off antara Timor-Leste dan Brunei Darussalam.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

6 Comments