Timnas Indonesia

Usung Misi ‘Balas Dendam’, STY Minta Suporter Penuhi Stadion GBT di Laga Pamungkas Kontra Vietnam



Usung Misi 'Balas Dendam', STY Minta Suporter Penuhi Stadion GBT di Laga Pamungkas Kontra Vietnam
Shin Tae-yong

NOBARTV NEWS sukses mencukur Hongkong 5-1 dalam laga kedua Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Di laga terakhir, skuad Garuda muda bakal melawan Timnas Vietnam pada 18 September 2022. Laga ini merupakan pertemuan kedua tim pada tahun 2022 ini.

Di pertemuan sebelumnya, skuad asuhan Shin Tae-yong berjumpa Vietnam pada ajang U-19 2022. Saat itu, 2 Juli 2022, skuad Garuda muda bermain imbang 0-0 dengan tim berjuluk The Young Golden Stars itu. Skor sama kuat bertahan hingga akhir. Di event tersebut, Timnas Indonesia tersingkir karena Vietnam dan Thailand bermain imbang 1-1 di laga pamungkas. Indonesia gugur dan menempati posisi ketiga karena kalah head to head sedangkan Vietnam dan Thailand lolos ke babak semifinal.

Beberapa kecurigaan menyeruak. Vietnam dan Thailand diduga bermain mata sehingga kedua tim tersebut tidak memiliki niat saling serang ketika skor sama kuat 1-1. Hingga pada akhirnya, Indonesia melaporkan laga tersebut sebagai match fixing ke Komdis AFF dan AFC.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Meski pada akhirnya Indonesia sudah merelakan keputusan AFF – bahwasanya laga tersebut (Thailand vs Vietnam) tidak terindikasi match fixing, namun rasa kecewa masih menyeruak. Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong pun bertekad membalas dendam kepada skuad asuhan Dinh The Nam itu.

Satu-satunya cara untuk membalas dendam adalah menang di laga pamungkas sehingga Indonesia dipastikan lolos otomatis ke putaran final (Piala Asia U-20). Shin Tae-yong berseru agar suporter Timnas Indonesia memadati stadion Gelora Bung Tomo (GBT) pada pertandingan esok.

Untuk diketahui, poin dan selisih gol yang dimiliki Indonesia dan Vietnam saat ini sama. Indonesia sudah mencetak 9 gol dan kebobolan satu kali – begitupun dengan Timnas Vietnam. Memiliki poin yang sama, laga pamungkas nanti diprediksi bakal berjalan ketat.

“Memang saat AFF (Piala AFF U-19 2022) Thailand dan Vietnam tidak sportif dan kita dirugikan olehnya,” ujar Shin usai laga melawan Hongkong, semalam.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Lebih lanjut, Shin memiliki misi utama yakni meloloskan Timnas Indonesia sekaligus membalas dendam kepada calon lawannya itu. Ia berharap kepada suporter agar datang dan menjadi saksi kemenangan Indonesia.

“Tetapi kali ini di home kita perlu balas dendam kepadanya. Saya berharap banyak penonton datang dan saksikan kemenangan indonesia nantinya,” tutupnya.

Untuk diketahui, 10 juara grup Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 otomatis lolos ke putaran final Piala Asia U-20 yang akan dihelat di Uzbekistan tahun depan. Untuk mencapai putaran final tersebut, Vietnam dan Indonesia bakal berjuang mati-matian demi memenangkan laga dan lolos secara otomatis. Sebab tim yang alami kekalahan maka ia harus menunggu tim di grup lainnya untuk bersaing menjadi runner-up terbaik di babak kualifikasi ini. 10 juara grup dan 1 tuan rumah serta 5 runner-up terbaik akan bermain di ajang bergengsi Piala Asia U-20 tahun depan!

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment