Timnas Indonesia

PSSI Beri Target untuk STY Jika Ingin Mendapatkan Perpanjangan Kontrak



NOBARTV NEWS – Dalam wawancaranya baru-baru ini, Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyinggung terkait target pelatih Shin Tae-yong sebelum ia atau PSSI memberikannya perpanjangan kontrak.

Seperti yang diketahui, Shin Tae-yong datang ke Indonesia pada era awal-awal kepemimpinan Mochamad Iriawan. Saat itu, dengan statusnya sebagai mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018, STY diharapkan bisa berkontribusi banyak ketika menukangi Timnas Indonesia di .

Namun sayangnya, karena status tuan rumah di Piala Dunia U-20 itu dicabut, maka peluang Shin Tae-yong untuk memberikan pembuktian tidak bisa terpenuhi. Akan tetapi, untuk skuad senior yang juga ditanganinya, pelatih kelahiran Yeongdeok itu berhasil membuktikan kualitasnya.

Bersama skuad senior, Shin sukses membawa Timnas Indonesia dari peringkat 170-an FIFA ke posisi 149. Selain itu, bersama Marc Anthony Klok dkk, Shin juga mengantar mereka ke putaran final Piala Asia 2023. Even tersebut merupakan kali pertama Timnas Indonesia cicipi setelah lebih dari 10 tahun absen.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Atas dasar pertimbangan tersebut, Erick mengaku puas dengan performanya. Akan tetapi, berhubung kontrak sang pelatih akan selesai pada 31 Desember mendatang, Erick menuntut Shin untuk memenuhi targetnya. Jika target tersebut terpenuhi, maka bukan tidak mungkin bagi PSSI untuk memberikannya sodoran kontrak baru.

Erick dalam wawancara terbarunya memang belum menyebut target apa yang ia maksud. Akan tetapi, besar kemungkinannya target yang dimaksud adalah even atau pertandingan yang akan dimainkan STY sebelum kontrak awalnya berakhir. Berarti, target tersebut bisa jadi di FIFA Matchday tahun 2023 ini atau bisa juga untuk even Asian Games mendatang. Hal yang sama juga disampaikan anggota Exco PSSI terkait target tersebut.

“Pak Erick kan kemarin udah kasih tau bahwa kan bulan Desember (2023) kan, nanti dia akan dikasih target,” kata Arya Sinulingga di GBK Arena Selasa kemarin.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

“Kan dikasih target oleh pak Erick. Karena pak Erick minta Shin Tae-yong ini lebih targetnya,” ujarnya menambahkan.

“Yang pasti pokoknya dia pelatih bagus. Dikasih target bagus,” ujarnya memungkasi.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengaku ingin bertemu dan duduk bersama dengan Shin Tae-yong. Berhubung Piala Dunia U-20 dibatalkan di Indonesia, maka ia ingin untuk membahas rencana berikutnya usai gagal (tampil) di even tersebut.

“Coach Shin itu tandatangan kontrak berapa tahun saya lupa (4 tahun sampai 2023),” kata Erick.

“Namun salah satunya untuk timnas U-20 Indonesia. Nah tentu kontrak beluai bakal habis akhir tahun atau sebelum akhir tahun,” ujarnya menambahkan.

“Dengan sekarang U-20 tidak ada ya, mungkin kita harus duduk ulang apa rencana berikutnya, yang pasti terdekat ada kejuaraan AFC (Piala Asia) di Qatar nanti.”

“Saya rasa coach Shin kinerjanya baik, tetapi saya akan meminta (target) lebih,” ujarnya menutupi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

14 Comments