Timnas Indonesia

Tak Bisa Main di GBK, Berikut 5 Stadion yang Bisa Dijadikan Kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS dipastikan tidak akan berlaga di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dalam 2022. Hal itu dikarenakan stadion kebanggaan masyarakat Indonesia itu akan digunakan sebagai venue 2023.

Diketahui, Timnas Indonesia tergabung di grup A Piala AFF 2022. Marc Klok dkk tergabung dengan Timnas Thailand, Filipina, Kamboja, dan pemenang play off antara Timor-Leste dan Brunei Darussalam. Di Piala AFF edisi tahun ini, AFF menggunakan format round robin atau setiap tim akan bermain kandang dan tandang.

Dikarenakan Timnas Indonesia berada di grup A bersamaan dengan empat tim lainnya, maka skuad asuhan STY itu akan bertindak sebagai tim tamu sebanyak dua kali serta bermain sebagai tuan rumah sebanyak dua kali juga.

Melansir lama wikipedia, Garuda Indonesia dijadwalkan akan menjamu Timnas Thailand di Stadion Gelora Bung Karno serta akan bermain kandang ketika melawan Timnas Filipina. Menghadapi Filipina, Marc Klok dkk akan dijamu di Rizal Memorial Stadium.

Namun sejak kini, Menpora RI Zainudin Amali memastikan bawah Timnas Indonesia tidak bisa menggunakan stadion tersebut sebagai kandang. Zainudin mempersilakan Timnas Indonesia berkandang di manapun kecuali di enam stadion yang akan digunakan sebagai venue Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga:  Profil Shaun Evans: Wasit Indonesia vs Korsel yang Pernah Bikin Kesal Suporter Persib dan Timnas Indonesia

“Tidak boleh. Pokoknya begitu sudah mulai masuk Kementerian PUPR untuk merenovasi, SUGBK sudah ditujukan untuk Piala Dunia U-20 2023,” tegas Menpora Zainudin Amali.

“Kan banyak yang nggak dipakai, seperti Stadion Pakansari, Stadion Patriot, itu kan nggak dipakai Piala Dunia,” ujarnya menambahkan.

Berikut 5 Stadion yang Bisa Dijadikan Kandang untuk Timnas Indonesia di Piala AFF 2022:

1. Jakarta Internasional Stadium

Timnas Indonesia bisa menggunakan Jakarta Internasional Stadium atau JIS sebagai kandang tatkala menjamu Thailand di fase grup Piala AFF 2022 nanti. Stadion baru dan megah ini berada di Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta.

Selain dekat karena berada di daerah ibu kota Provinsi Indonesia, JIS juga mampu menampung hingga 82.000 penonton.

2. Stadion Pakansari Bogor

Meski sempat mendapatkan cemoohan karena drainase yang buruk, namun pada kenyataannya Stadion Pakansari Bogor sukses menjadi lokasi pertandingan untuk dua even penting terakhir ini. Di Kualifikasi Piala Asia U-17 beberapa waktu lalu, seluruh pertandingan fase grup B yang mempertemukan Indonesia, Malaysia, Guam, UEA, dan Palestina dilangsungkan di stadion ini.

Selain even tersebut, laga FIFA Matchday antara Timnas Indonesia Vs Curacao juga dilakukan di tempat ini.

Baca Juga:  Kekuatan PSSI Kembali Terbukti, Nathan Tjoe-A-On Gabung ke Timnas U-23 Lagi

3. Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi

Tidak jauh dari ibukota Jakarta, Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi juga layak dijadikan venue ketika menjamu Thailand nanti. Stadion ini pernah digunakan ketika Indonesia menjadi tuan rumah untuk Piala AFF U-19 2022 kemarin.

Berkapasitas hingga 33.000 kursi, Stadion Patriot bisa digunakan sebagai venue Piala AFF 2022.

4. Stadion Wibawa Mukti Cikarang

Stadion Wibawa Mukti menjadi pilihan keempat dari segi kedekatan dengan ibu kota. Stadion berkapasitas 25 ribuan ini juga berlokasi sama dengan Stadion Patriot Candrabhaga. Kedua stadion ini berada di kota Bekasi.

Hanya saja, jika Timnas Indonesia berkandang di stadion ini bisa diprediksi penonton yang hadir tidak akan seramai biasanya. Berdasarkan pertandingan yang sudah-sudah, atmosfir penonton di stadion ini tidak pernah optimal.

5. Stadion Gelora Bandung Lautan Api

Sejak dijadikan homebase oleh klub asal Jawa Barat Persib Bandung, GLBA cukup terawat sehingga sangat layak untuk digunakan sebagai venue di Piala AFF 2022 nanti. Di stadion ini Timnas Indonesia juga pernah menjamu Curacao pada pertandingan pertamanya beberapa waktu lalu.

Selain ke-lima stadion di atas, masih banyak stadion-stadion lainnya yang bisa dijadikan kandang untuk Timnas Indonesia. Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur masih menyimpan banyak stadion yang layak untuk digunakan.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

2 Comments