Timnas Indonesia

Daftar 8 Stadion Resmi Piala AFF 2022, Timnas Indonesia Belum Setor Nama!



NOBARTV NEWS 2022 akan dihelat tidak lama lagi. Sepuluh tim bakal saling sikut di even dua tahunan ini. Berhubung format yang digunakan pada tahun ini menggunakan sistem round robin, maka setiap tim memiliki kesempatan untuk bermain di kandangnya masing-masing.

Diketahui, format yang digunakan pada edisi kali ini berbeda dengan edisi sebelumnya (Piala AFF 2020). AFF kembali mengadopsi sistem round robin – yang di mana setiap tim bakal menjalani partai kandang dan tandang. Mengingat setiap tim di fase grup terdiri dari lima tim, maka setiap tim berkesempatan untuk menjadi tuan rumah sebanyak dua kali dan dua kali pula menjadi tim tamu.

tergabung di grup A bersama Timnas Thailand, Filipina, Kamboja, dan pemenang play off antara Timor-Leste dan Brunei Darussalam. Skuad Garuda dijadwalkan akan menjadi tuan rumah ketika berjumpa Kamboja dan Thailand. Namun di laga melawan Filipina dan Brunei/Timor Leste, skuad Garuda bakal menjalani partai tandang.

Namun sayang, sampai saat ini, PSSI belum mengumumkan stadion mana yang akan digunakan sebagai venue Piala AFF 2022. Hal ini dikarenakan venue yang direncanakan sebelumnya yakni Stadion Gelora Bung Karno tidak boleh digunakan sebab akan diperuntukkan sebagai venue 2023. Pemerintah RI dalam hal ini Menpora Zainudin Amali melarang Timnas Indonesia berkandang di sana namun mempersilakan untuk mencari di luar 6 stadion yang bakal digunakan sebagai venue even tersebut.

Baca Juga:  Beragam Reaksi Kocak Netizen usai Indonesia Lolos ke 8 Besar Piala Asia U23 2024

Selain Indonesia, satu kontestan lain yakni Timor Leste/Brunei Darussalam belum menentukan venue karena kedua tim ini masih berlaga di babak play off. Sehingga total baru 8 negara yang sudah menentukan venuenya. Apa saja? Berikut daftarnya!

1. Timnas Malaysia (Stadion Nasional Bukit Jalil)

Stadion multifungsi milik pemerintah Malaysia ini dijadikan venue untuk Timnas Malaysia ketika menjamu tamunya di grup B Piala AFF 2022. Menariknya, Stadion Nasional Bukit Jalil mampu menampung penonton hingga 87.411 orang. Stadion ini direnovasi terakhir kalinya pada bulan Juli tahun 2017 lalu.

2. Timnas Thailand (Thammasat Stadium)

Skuad Mano Polking bakal menjamu tamunya di Thammasat Stadium dalam grup A Piala AFF 2022. Dijadwalkan, skuad Gajah Perang bakal menjamu Filipina dan Kamboja di stadion berkapasitas 25.000 kursi ini.

3. Timnas Myanmar (Stadion Thuwunna)

Tergabung di grup B bersama Timnas Malaysia, Singapura, Laos dan Vietnam, Timnas Myanmar menjadikan Stadion Thuwunna sebagai markasnya. Stadion ini terletak di Kota Yangon dan memiliki kapasitas penonton hingga 32.000 orang.

4. Timnas Kamboja (Stadion Nasional Morodok Techo)

Di Stadion Nasional Morodok Techo, skuad asuhan Keisuke Honda bakal menjamu Filipina dan salah satu pemenang play off antara Timor-Leste dan Brunei Darussalam. Stadion ini memiliki kapasitas penonton yang cukup fantastis. Stadion Nasional Morodok Techo berkapasitas hingga 75.000 penonton.

Baca Juga:  Intip Calon Lawan di 8 Besar, STY Bakal Nonton Langsung Laga Jepang vs Korea Selatan

5. Timnas Singapura (Stadion Nasional Singapura)

Singapura yang di even sebelumnya menjadi tuan rumah Piala AFF 2020 kini menjadikan Stadion Nasional Singapura sebagai venue pertandingan kandangnya. Bertempat di Kota Kallang, stadion kebanggaan masyarakat Singapura ini memiliki kapasitas penonton hingga 55.000 kursi.

6. Timnas Vietnam (Stadion Nasional Mỹ Đình)

Di even SEA Games 2021 kemarin, Stadion Nasional Mỹ Đình dijadikan sebagai salah satu venue untuk cabang olahraga sepak bola. Kini, stadion yang bertempat di Hanoi ini kembali dipercaya VFF sebagai lokasi pertandingan Piala AFF 2022.

Stadion Nasional Mỹ Đình memiliki kapasitas penonton hingga 40.000 kursi.

7. Timnas Laos (Stadion Nasional Baru Laos)

Stadion multi guna yang berlokasi di Kota Vientiane ini dijadikan Timnas Laos sebagai venue Piala AFF 2022. Stadion ini memiliki kapasitas penonton hingga 25.000 kursi.

8. Timnas Filipina (Stadion Memorial Rizal)

Di stadion ini, Timnas Indonesia akan melakoni laga tandangnya di Piala AFF 2022. Selain sebagai tempat menjamu skuad Garuda, di stadion ini The Azkals juga akan menjamu pemenang play off antara Timor-Leste dan Brunei Darussalam. Stadion Memorial Rizal memiliki kapasitas penonton hingga 12.000 kursi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

4 Comments