Timnas Indonesia

STY Sebut Skuad Garuda Tidak Komplet di Piala AFF U-23 2023



NOBARTV NEWS – Shin Tae-yong menyebut skuad yang dibawanya ke U-23 2023 tidak komplet.

Seperti yang diketahui, pada Senin (14/8) kemarin, rombongan skuad Garuda muda beserta staf pelatih U-23 sudah berangkat ke Thailand. Di Thailand, mereka akan mengikuti ajang Piala AFF U-23 2023 dari 18 sampai 26 Agustus mendatang. Di even tersebut, anak asuh Shin Tae-yong itu berada dalam grup B dengan Timnas Malaysia U-23 dan Timnas Timor Leste U-23.

Keberangkatan mereka pada Senin kemarin dilepas secara langsung oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Di momen pemberangkatan itu, Erick memberikan pesannya kepada para punggawa Timnas Indonesia U-23.

“Jadi ke Thailand, selamat berlibur? Mau liburan? Masih mau bermain? Tidak capek?” ujar Erick Thohir di hadapan skuad Timnas U-23.

“Tidak Pak, kami masih mau bermain,” jawab para pemain serentak.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Lebih lanjut, kata Erick Thohir lagi, Piala AFF U-23 diharapkan jadi ajang pemanasan sebelum mereka tampil di Kualifikasi 2023 mendatang.

“Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 itu September 2023. Akan melawan Turkmenistan U-23 dan Chinese Taipei U-23. Bisa menang atau tidak?” imbuh Erick Thohir lagi.

“Kalau kita lolos dari kualifikasi, maka Timnas Indonesia U-23 bakal melaju ke Piala Asia U-23 2024 pada April-Mei tahun depan di Qatar. Itu target utama,” ucapnya memungkasi.

Tapi sayangnya, di even Piala AFF U-23 ini, skuad Garuda Indonesia dipastikan tidak dengan kekuatan terbaiknya. Dua pemain yang diharapkan tampil yakni Rizky Ridho dan Dzaky Asraf tidak dibawa oleh Shin Tae-yong. Hal itu dikarenakan Persija Jakarta dan PSM Makassar menolak untuk melepas mereka karena jasa keduanya masih sangat dibutuhkan oleh klub.

Selain itu, STY juga tak bisa memboyong beberapa pemain abroad yang seharusnya masih bisa dibawa ke even tersebut. Pemain-pemain yang dimaksud adalah Elkan Baggott (Ipswich Town), Ivar Jenner (FC Utrecht), Rafael Struick (ADO Den Haag), Pratama Arhan (Tokyo Verdy), hingga Marselino Ferdinan (KMSK Deinze).

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Hal itu tak lepas dari status Piala AFF U-23 yang di mana tak masuk dalam kalender resmi FIFA. Akibatnya, para klub berhak untuk tidak melepas pemainnya ke Timnas Indonesia. Atas dasar itulah, Shin Tae-yong menyebut skuadnya tidak komplet untuk berlaga di even Piala AFF U-23 tersebut.

“Meskipun pemain tidak komplit, mereka berangkat ke Thailand tidak untuk berlibur,” kata Shin Tae-yong dilansir dari laman resmi PSSI.

Walaupun demikian, Shin memastikan kalau skuad yang dibawanya akan bekerja keras serta maksimal untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

“Mereka saya pastikan akan bekerja keras untuk menjadi yang terbaik,” tutup eks pelatih Timnas Korea Selatan itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment