Timnas Indonesia

Heboh Atlet Makan Mie Instan, Dokter Tirta Bela Marselino Ferdinan dan Witan Sulaeman



NOBARTV NEWS – Beberapa waktu lalu, viral sebuah video yang menampilkan dua punggawa yang tengah memasak mie instan di akun media sosialnya. Meskipun kedua pemain tersebut disorot oleh banyak netizen – bahkan berujung dibully, namun keduanya juga mendapat pembelaan dari salah satu influencer sekaligus praktisi kesehatan yakni dr Tirta.

Seperti yang diketahui, Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong saat ini tengah melakukan pemusatan latihan di luar negeri tepatnya di Turki. Pemusatan latihan ini ditujukan sebagai persiapan diri jelang bergulirnya ajang sepakbola bergengsi yaitu Piala Asia 2023.

Tergabung dalam grup D bersama Timnas Jepang, Timnas Irak, dan Timnas Vietnam, anak asuh Shin Tae-yong itu juga akan melakukan laga uji coba jelang bertemu dengan tiga tim tersebut. Ya, Piala Asia 2023 merupakan even yang diikuti skuad Garuda lagi setelah belasan tahun lamanya absen dari even tersebut. Terakhir kali mereka tampil adalah pada tahun 2007 – yang di mana saat itu skuad Garuda bertindak sebagai salah satu tuan rumah. Di Piala Asia 2007, empat negara Asia Tenggara bertindak sebagai tuan rumah sekaligus. Selain Indonesia, tiga tuan rumah lainnya adalah Vietnam, Malaysia, dan Thailand.

Oleh sebab itu, kembalinya Timnas Indonesia tampil di ajang ini merupakan sesuatu yang sudah amat ditunggu-tunggu. Bagaimana tidak, seperti yang disebutkan di atas tadi, mereka akhirnya kembali tampil di ajang paling prestisius di benua Asia itu.

Maka daripada itu, dilakukanlah persiapan maksimal seperti pemusatan latihan hingga rencana uji coba. Diketahui, akan ada tiga laga uji coba yang dimainkan Marc Anthony Klok dkk. Tiga uji coba tersebut melawan Timnas Libya sebanyak dua kali serta bertemu dengan Timnas Iran satu kali.

Namun sayangnya, di tengah-tengah pemusatan latihan tersebut, sesuatu hal buruk menimpa skuad Garuda. Dua pemainnya yakni Marselino dan dan Witan Sulaeman menjadi sasaran kritik netizen tanah air. Kritik tersebut dilontarkan karena keduanya kedapatan memasak mie instan di dalam hotel tempat mereka menginap. Bagi netizen – dan banyak orang lainnnya, makan mie instan bagi seorang atlet, lebih-lebih di tengah persiapan untuk tampil di sebuah turnamen adalah sesuatu yang tidak bisa ditolerir. Akibatnya, kedua pemain tersebut mendapat cemoohan dari banyak warganet.

Heboh Atlet Makan Mie Instan, Dokter Tirta Bela Marselino Ferdinan dan Witan Sulaeman
Pemain Timnas Indonesia Irak Marselino Ferdinan

Namun menariknya adalah – meskipun keduanya jadi sasaran kritik, hal yang berbeda justru disampaikan oleh salah satu praktisi kesehatan yakni dr Tirta. dr Tirta adalah seorang dokter sekaligus influencer yang sering melakukan edukasi di akun media sosialnya. Dalam hal ini, Tirta membela Marselino Ferdinan dan Witan Sulaeman. Menurutnya, makan mie instan bagi seorang atlet jika cuma sesekali adalah hal yang biasa-biasa saja. Artinya, apa yang dilakukannya tidak akan berdampak buruk bagi fisik maupun kesehatan mereka.

“Boleh enggak sih atlet makan mi instan? Lha boleh-boleh aja. Masak enggak boleh?” tulisnya di media sosial X (dulu twitter).

“Kan isinya mentok karbo, sama bumbu natrium. Bukan sesuatu yang menghebohkan lah,” sambung dokter yang juga penggila sepak bola itu.

“Yang bermasalah kan kalau atlet makan gorengan mulu, nasi goreng mulu, trus minum alkohol mulu, karena bisa menghambat recovery otot. Kecuali makan mie instannya sekaligus 10 bungkus. Lha ruwet itu,” tuturnya lagi

“Maksudku sekali-kali ya enggak papa, enggak mungkin juga to atlet makan mi instan tiap hari selama setahun? Yo kurang gizi lah,” tandas sang dokter.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid