Timnas Indonesia

Piala Asia U23: Lewat Drama Adu Penalti, STY Pulangkan Negara Sendiri



NOBARTV.CO.ID Garuda muda bungkam Korea lewat adu penalti, U23 dipastikan melangkah ke babak semifinal Piala Asia U23 2024. Kepastian itu didapat Marselino Ferdinan dkk usai membungkam Korea Selatan lewat drama adu penalti.

Timnas Indonesia U23 kembali membuat sejarah. Tadi malam, mereka sukses mengalahkan salah satu tim yang pernah menjadi juara di Piala Asia U23 yakni Korea Selatan. Skuad Taeguk Warriors dikalahkan skuad Garuda tepat di babak perempatfinal. Hasil ini membuat Timnas Indonesia melangkah ke babak semifinal sedangkan Korea Selatan pulang lebih cepat.

Pada pertandingan ini, Shin Tae-yong langsung memasang pemain terbaiknya. Seluruh pemain abroad yang menghuni skuad Garuda dijadikan starter olehnya. Rafael Struick seperti biasa masih menjadi andalan Shin Tae-yong di lini depan. Di posisi belakang Justin Hubner, Nathan Tjoe-A-On, dan Pratama Arhan masih selalu menjadi pilihan. Sedangkan di lini tengah, dua pemain abroad yang dipasang sekaligus adalah Ivar Jenner dan Marselino Ferdinan.

Baca Juga:  Baru Latihan Perdana, 2 Pemain Timnas Indonesia Langsung Cedera

Di laga ini, Timnas Korea sejatinya terlebih dahulu mencetak gol cepat. Sayangnya, gol tersebut dianulir karena salah satu pemain Taeguk Warriors sudah berada di posisi off-side. Tak lama kemudian, justru Timnas Indonesia yang membuat kejutan. Pada menit ke-15, Rafael Struick menghujani gawang Korea lewat sepakan dari luar kotak penalti.

Sayangnya, gol tersebut dibalas setelah Komang Teguh melakukan blunder dengan gol bunuh diri di menit ke-45. Namun mengejutkannya, skuad Garuda langsung membalas. Struick lagi-lagi mencetak gol tak lama sebelum akhirnya pertandingan babak pertama ditutup dengan skor 2-1.

Di babak kedua, Indonesia dan Korea Selatan melakukan berbagai percobaan untuk menambah gol. Hingga akhirnya, pada menit ke-70, salah satu pemain Korea diganjar kartu merah karena melakukan pelanggaran keras kepada Justin Hubner.

Piala Asia U23: Lewat Drama Adu Penalti, STY Pulangkan Negara Sendiri
Momentum Timnas Indonesia U-23 menyia-nyiakan kesempatan emas (sumber: IG @timnas.indonesia)
Baca Juga:  Latihan Perdana Timnas Indonesia Diikuti 18 Pemain, di Mana yang Lain?

Unggul jumlah pemain tidak membuat skuad Garuda menguasai jalannya pertandingan. Justru, beberapa menit sebelum pertandingan babak kedua berakhir, Timnas Korea berhasil menyamakan kedudukan lewat serangan balik. Skor 2-2 menutup pertandingan di babak kedua sekaligus membuat laga dilanjutkan dengan extra time 2×15 menit.

Pada babak extra time ini, Timnas Indonesia menguasai permainan. Skuad muda Korea hanya sesekali melakukan serangan mengingat satu pemainnya sudah mendapat kartu merah. Pertahanan Korea Selatan cukup kokoh sehingga membuat pertandingan berakhir imbang 2-2 dan akhirnya dilanjutkan dengan adu penalti.

Dalam drama adu penalti ini, Timnas Indonesia akhirnya memenangkan pertandingan dengan kedudukan akhir 11-10. Satu pemain Garuda Arkhan Fikri gagal mengeksekusi penalti sedangkan dua tembakan algojo Korea Selatan ditepis oleh Ernando Ari. Hasil ini membuat Korea Selatan pulang sedangkan Indonesia melaju ke babak semifinal untuk pertama kalinya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *