Timnas Indonesia

Piala AFF 2022: Dijamu Filipina di Rumput Sintesis, PSSI Siapkan Langkah Antisipasi Sebelum Laga



NOBARTV NEWS memiliki ujian ketika bermain sebagai tim tamu di 2022. Ujian tersebut adalah ketika skuad Garuda bermain melawan Timnas Filipina. Di laga tersebut, Marc Klok dkk akan bermain di Stadion Rizal Memorial yang lapangannya menggunakan rumput sintesis.

Selain dijamu oleh Filipina, Timnas Indonesia juga akan dijamu oleh Timnas Brunei Darussalam di Stadion Kuala Lumpur, Malaysia. Laga antara Timnas Indonesia melawan Brunei akan dilangsungkan pada 26 Desember 2022 sedangkan laga melawan Filipina pada 2 Januari 2023.

Namun yang menjadi masalah adalah ketika nanti Marc Klok bermain di kandang Filipina. Stadion yang terletak di Kota Manila itu diketahui tidak menggunakan rumput alami melainkan dengan rumput sintesis. Sedangkan skuad Timnas Indonesia sendiri tak biasa bermain dengan rumput seperti itu.

Diketahui, rumput seperti itu membuat pemain lebih rentan cidera dan juga muda kelelahan.

Baca Juga:  Beragam Reaksi Kocak Netizen usai Indonesia Lolos ke 8 Besar Piala Asia U23 2024

Maka daripada itu, PSSI dalam hal ini Direktur Teknik Indra Sjafri pun telah mengantisipasinya. Eks pelatih Timnas Indonesia U-19 itu mengatakan skuad Garuda akan melakukan adaptasi. Jadi, sebelum hari pertandingan nanti, Marc Klok dkk akan lebih dulu menjajal stadion dengan rumput serupa.

“Ya pasti ya, pasti adaptasi untuk itu, pasti akan kita lakukan. Tapi ini kan pertandingan interval paling banyak cuma tiga hari dengan jarak penerbangan dengan ke Filipina kalau gak salah tiga jam ya, nanti kan cukup merepotkan juga,” ujar Indra Sjafri.

Lebih lanjut, Indra mengatakan sang pelatih Shin Tae-yong juga sudah mengantisipasi hal tersebut.

“Oleh karena itu saya rasa pasti coach Shin Tae-yong sudah menyiapkan langkah-pertandingan untuk mengantisipasi pertandingan di Filipina,” tambah dia,” ujarnya menambahkan.

Laga antara Timnas Indonesia melawan Filipina ini akan tersaji di partai terakhir grup A. Biasanya, laga terakhir sangatlah krusial karena bisa menjadi penentu langkah sebuah tim ke babak berikutnya. Dalam hal ini (Piala AFF), tim yang finis di posisi pertama dan kedua klasemen akhir grup maka keduanya akan lolos ke babak semifinal dan berjumpa juara dan runner-up di grup lainnya.

Baca Juga:  Begini Penjelasan PSSI soal Kepergian Nathan Tjoe-A-On dari Timnas U23

Di laga ini (vs Filipina) Shin Tae-yong akan benar-benar diuji karena selain Thailand, tim berjuluk The Azkals ini juga merupakan tim favorit yang berpotensi sebagai penjegal tim-tim kuat. Terlebih Filipina baru saja memiliki pelatih baru yakni Josep Maria Ferré Ybarz yang diangkat pada 8 Desember kemarin.

Selain itu, Filipina juga memiliki pemain berbahaya yang 6 di antaranya berstatus sebagai pemain abroad. Mereka adalah Kevin Ray Mendoza, Jefferson David Tabinas, Amani Aguinaldo, Christian Rontini, Paul Bismarck Tabinas, dan Oliver Bias.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

39 Comments