Timnas Indonesia

Soroti Pemain Keturunan yang Hafal Indonesia Raya, Media Malaysia Sindir Pemain Sendiri



NOBARTV NEWS – Media Malaysia menyoroti pemain naturalisasi (keturunan) ketika menyanyikan lagu Indonesia Raya. Media tersebut menyindir punggawa Harimau Malaya yang tak bisa melakukan hal serupa.

Sebagaimana diketahui, pada FIFA Matchday Juni tahun ini, hampir seluruh negara di dunia memainkan pertandingannya. Begitupula dengan beberapa tim Asia Tenggara seperti Timnas Indonesia, Timnas Thailand, Timnas Vietnam, hingga Malaysia.

Menariknya, bagi Timnas Indonesia, dari 26 pemain yang mendapatkan panggilan untuk mengikuti TC tersebut, tujuh di antaranya merupakan pemain keturunan. Berarti, mereka bukan WNI (Warga Negara Indonesia) yang memang lahir dan besar di Indonesia. Melainkan pemain keturunan yang resmi menjadi WNI lewat jalur naturalisasi.

Bahkan, dua di antara tujuh pemain keturunan tersebut baru resmi menjadi WNI belum satu bulan ini. Kedua pemain yang dimaksud adalah Ivar Jenner dan Rafael Struick. Kedua pemain keturunan tersebut diresmikan sebagai WNI tidak lama – kemudian keduanya langsung mendapatkan panggilan untuk memperkuat Timnas Indonesia di pemusatan latihan tersebut. Keduanya pun sudah mendapat debut bersama skuad Garuda. Keduanya dimainkan pada FIFA Matchday melawan Timnas Palestina dan juga Argentina.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Selain dua pemain muda itu, beberapa pemain naturalisasi lainnya yang turut mendapat panggilan adalah Sandy Walsh, Jordi Amat, Shayne Pattynama, Stefano Lilipaly dan Marc Anthony Klok.

Menariknya, media asal Malaysia menyebut para pemain naturalisasi Timnas Indonesia tersebut menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dengan khidmat. Meskipun baru bergabung dan diresmikan sebagai WNI tak lama ini, namun ketujuh pemain tersebut tanpa ragu menyanyikan lagu dengan penuh penghayatan.

“Semalam (20/06) ketika pertandingan Indonesia dan Argentina, semua pemain keturunan dan naturalisasi menyanyikan lagu Indonesia walapun ada dari mereka yang baru pertama kali main atau debut di Indonesia seperti Rafael, Pattynama dll,” tulis @OnefootballM dalam akun twitternya beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, media tersebut menyebut sekaligus menyindir pemain keturunan Malaysia (naturalisasi) yang bahkan pemainnya tak hafal dengan lagu kebangsaan mereka sendiri.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

“Tetapi di Malaysia pemain ini masih tidak hafal,” lanjut media tersebut.

Ya, sama seperti Timnas Indonesia, skuad Harimau Malaya juga diperkuat oleh beberapa pemain naturalisasi. Di skuad yang dipimpin oleh pelatih asal Korea Selatan Kim Pan-gon itu, beberapa pemain naturalisasi Malaysia adalah Lee Tuck, Endrick, Paulo Josue, Natxo Insa hingga Junior Eldstal.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment