Timnas Indonesia

Jelang Piala AFF 2022, Pengamat Sepak Bola Indonesia Prediksi STY Tak Lakukan Banyak Perombakan



NOBARTV NEWS – Even dua tahunan di Asia Tenggara yakni 2022 sudah di depan mata. Di edisi sebelumnya, pelatih Shin Tae-yong membuat kejutan karena mengandalkan banyak pemain muda. Pengamat sepak bola asal Indonesia Erwan Hendarwanto memprediksi STY tidak akan melakukan banyak perombakan di Piala AFF 2022 nanti.

Di Piala AFF 2020 kemarin, Timnas Indonesia keluar sebagai runner-up. Padahal, sejak dimulainya even, skuad Garuda Indonesia tidak mendapatkan banyak kepercayaan. Hal itu dikarenakan sang pelatih yang justru membawa banyak pemain muda dan mengabaikan banyak pemain senior yang jauh lebih berpengalaman.

Saat itu, STY mengabaikan striker ganas Bali United Ilija Spasojevic. Padahal, Spaso cukup moncer di lini depan ketika membersamai Bali United di ajang . Namun Shin abai dan lebih memilih sosok muda seperti Ezra Walian dan lainnya.

Keraguan itu pada akhirnya runtuh ketika Timnas Indonesia yang diisi oleh banyak pemain mudanya mampu menahan tim kuat Vietnam. Bahkan, Asnawi Mangkualam dkk sukses mencapai babak final melawan Timnas Thailand. Namun sayang, dewi fortuna hanya memihak skuad Garuda hingga babak semifinal. Di partai final, mereka takluk dari skuad asuhan Mano Polking itu.

Baca Juga:  Beragam Reaksi Kocak Netizen usai Indonesia Lolos ke 8 Besar Piala Asia U23 2024

Kini, menjelang even serupa lagi, salah satu pengamat sepak bola tanah air yakni Erwan Hendarwanto memprediksi Shin tidak akan melakukan banyak perombakan. Ucapan Erwan bisa jadi benar bisa juga salah. Sebab sebagaimana diketahui, beberapa pemain baru sudah bergabung dengan Timnas Indonesia. Seperti Marc Klok atau Stefano Lilipaly yang dipanggil lagi. Selain itu, jika proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh rampung secepatnya, maka bukan tidak mungkin keduanya juga akan pulang guna membela Timnas Indonesia.

“Saya kira tidak akan merombak banyak, tapi ada nama baru yang bisa dimasukkan karena coach Shin jeli juga dan ada tim talent scout yang bagus,” kata Erwan Hendarwanto kepada media online bola.com.

“Kalau saya lihat, lebih variatif. Coach Shin berani untuk berimprovisasi memainkan semua pemain yang beliau panggil. Ini menjadi angin segar juga bagi pemain di Indonesia, kesempatan mereka sama untuk bermain di Timnas,” ujarnya menambahkan.

Baca Juga:  Indonesia vs Yordania: Skuad Garuda di Ambang Sejarah

Namun menurut Erwan, Piala AFF 2022 bisa juga menjadi ajang naik kelas bagi beberapa pemain Timnas U-20. Erwin menyebut Muhammad Ferrari dan Marselino Ferdinan sebagai pemain yang dimungkinkan bakal masuk ke skuad senior di Piala AFF 2022 nanti.

“Saya pikir banyak, salah satu contohnya si Marselino dia mampu bersaing di senior. Terus Ferarri dan yang lain. Saya pikir prospek mereka sangat bagus.”

Sebagai penutup, Erwan mengungkapkan kepercayaan yang cukup tinggi kepada skuad Timnas Indonesia saat ini. Bahkan untuk melawan tim kuat seperti Thailand dan Vietnam, Erwan tetap optimis Timnas Indonesia mampu melawan mereka karena baginya, peluang untuk menang sama besarnya dengan sang lawan.

“Kalau saya itu berdiri seperti masyarakat Indonesia yang mencintai Timnas, ketika Timnas main sekarang itu rasa bangganya besar dan peluang menangnya besar. Dari fisik dan mental kan perubahannya banyak sekali di Timnas, mau melawan Thailand, atau Vietnan saya pikir peluang kita tetap besar,” tutup eks pelatih Persekat Tegal itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

14 Comments