Timnas Indonesia

Bek Muda Timnas U-22 Rio Fahmi Komentari Drawing Kualifikasi Piala Dunia 2026



NOBARTV NEWS – Bek muda Rio Fahmi memberikan respons usai Timnas Indonesia dipastikan jumpa Brunei Darussalam dalam Drawing Ronde 1 2026 zona Asia.

Sebagaimana diketahui, pada Kamis 27 Juli kemarin, AFC atau Asosiasi Sepakbola Asia telah melakukan drawing untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Dalam babak drawing yang dilakukan di markas AFC di Kuala Lumpur Malaysia itu, Timnas Indonesia tergabung di pot 1 Ronde 1 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Menariknya, dalam Ronde 1 tersebut, skuad Garuda tergabung dengan 18 tim lain yang di mana tujuh di antaranya merupakan tim sesama Asia Tenggara. Enam tim Asia Tenggara lainnya yang memulai perjuangannya lewat Ronde 1 tersebut adalah Timnas Brunei Darussalam, Timor Leste, Kamboja, Laos, Myanmar, dan Singapura. Sedangkan empat tim Asia Tenggara lainnya sudah memastikan diri melaju di Ronde 2. Empat tim Asia Tenggara yang sudah memastikan diri lolos ke Ronde 2 tersebut adalah Timnas Filipina, Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Menariknya, dalam Drawing Ronde 1 Kualifikasi Piala Dunia 2026 kemarin, skuad Garuda Indonesia dipastikan akan berjumpa dengan Timnas Brunei Darussalam. Laga melawan tim berjuluk Tebuan itu akan dimainkan dua kali. Leg pertama akan dimainkan di Indonesia pada 12 Oktober dan leg kedua di Brunei pada 17 Oktober 2023.

Jika anak asuh Shin Tae-yong itu berhasil meloloskan diri dari Ronde 1, maka mereka sudah dinanti oleh kontestan lain di grup F pada Ronde 2 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Dalam grup F tersebut, terdapat tiga tim lain yaitu Timnas Irak, Vietnam, dan Filipina.

Lucunya, dua dari tiga calon lawan Timnas Indonesia di grup F (jika lolos dari Ronde 1) merupakan lawan mereka di Piala Asia 2023 mendatang. Diketahui, dalam Drawing Piala Asia 2023 beberapa bulan lalu, Marc Klok dkk dipastikan berada di grup D bersama Timnas Jepang, Vietnam, dan Irak.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Dipastikannya skuad Garuda melaju dari Ronde 1 melawan Brunei Darussalam – lalu dilanjutkan ke grup F (jika menang atas Brunei) mendapat sorotan dari bek sayap Timnas Indonesia Rio Fahmi. Bek muda yang beberapa waktu lalu membawa Timnas U-22 meraih medali emas SEA Games 2023 itu berharap siapapun lawan skuad Garuda, semoga Timnas Indonesia bisa memaksimalkan kesempatan tersebut.

“Siapapun lawannya saya berharap bisa memaksimalkan kesempatan itu karena bisa jadi motivasi lagi ke depannya kalau kita memenangkan pertandingan setelah itu kita lolos, kalau gasalah tergabung sama Irak dan Vietnam,” kata Rio Fahmi.

“Bismillah kita bisa menang dan sukses (juga) di Piala Asia,” tambah punggawa Persija Jakarta itu.

“Jujur sebagai pemain semua lawan itu sama, entah Brunei, Irak, Jepang kita menghadapinya (harus) 100 persen,” ucapnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment