Timnas Indonesia

6 Jadwal STY Sebelum Habis Kontrak pada Desember 2023

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Kontrak Shin Tae-yong akan berakhir pada 31 Desember mendatang. Meski tinggal menyisakan beberapa bulan lagi, namun pelatih asal Korea Selatan itu masih menyisakan 6 agenda bersama .

Sebagaimana diketahui, Shin menekan kontrak dengan Timnas Indonesia sejak tahun 2019 ketika PSSI masih dipimpin oleh Mochamad Iriawan. Pria yang disapa Iwan Bule itu sempat mengungkapkan keinginannya untuk memperpanjang kontrak STY pada tahun 2022 lalu.

Saat itu, pasca pertandingan yang mempertemukan Timnas Indonesia melawan tim asal Amerika Selatan Curacao, Iwan Bule saking bahagianya dengan kemenangan skuad Garuda mengungkapkan keinginannya tersebut. Ya, bagaimana tidak, melawan tim dengan peringkat 100 besar FIFA, Dimas Drajad dkk sukses mengalahkan lawannya itu. Dua kemenangan atas Curacao membuat seluruh elemen sepak bola Indonesia sumringah dan senang. Begitupula dengan Ketua Umum PSSI saat itu Mochamad Iriawan.

Namun sayangnya, begitu Tragedi Kanjuruhan pecah, semuanya berubah 100 derajat. Iriawan yang awalnya akan memimpin PSSI sampai akhir masa jabatannya harus ikhlas dengan diadakannya Kongres Luar Biasa beberapa bulan berikutnya. KLB PSSI tersebut digelar lebih cepat karena banyaknya desakan usai tragedi mematikan tersebut.

Dan di KLB tersebut pula, Iriawan memutuskan untuk tidak maju lagi sebagai Ketua Umum PSSI periode 2023-2028. Tanpa Iriawan yang sudah memiliki rencana untuk memperpanjang kontraknya, nasib sang pelatih pun jadi tidak bisa ditebak. Meski Ketum PSSI terpilih yaitu Erick Thohir mengaku puas dengan kinerja sang pelatih sejauh ini, namun Erick belum bisa memastikan apakah STY akan diberikan perpanjangan kontrak atau tidak. Kata Erick, ia dan STY akan bertemu sebelum membahas terkait masalah kontrak tersebut.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Jika kontrak Shin Tae-yong tak diperpanjang, masih ada beberapa agenda lainnya yang akan ia tangani bersama Timnas Indonesia sebelum 31 Desember 2023 (kontrak terakhir) nanti. Apa saja? Berikut ulasannya!

1. FIFA Matchday Juni 2023

Usai membawa Timnas Indonesia melawan Burundi di FIFA Matchday Maret lalu, Shin Tae-yong memiliki tugas untuk menukangi Marc Klok dkk di even serupa pada bulan Juni mendatang. Dijadwalkan, FIFA Matchday bulan Juni tersebut akan dihelat pada 14 sampai 31 Juni 2023. Salah satu calon lawan yang akan dihadapi skuad Timnas Indonesia adalah Palestina.

2. FIFA Matchday September 2023

Secara berturut-turut sejak bulan Maret disusul Juni 2023, Timnas Indonesia akan kembali bermain di ajang FIFA Matchday pada bulan September 2023. Even ini dijadwalkan akan berlangsung pada 4-12 September 2023.

3. Kualifikasi Piala Asia U-23 2024

Tahun depan, ada even besar yang akan diselenggarakan oleh AFC. Even tersebut adalah 2024. Satu tahun sebelum pelaksanaan even tersebut, AFC selaku penyelenggara akan melakukan seleksi melalui tahap kualifikasi.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Skuad Timnas U-23 pimpinan Shin Tae-yong akan turut berpartisipasi di babak kualifikasi Piala Asia U-23 itu. Rencananya, Kualifikasi Piala Asia U-23 digelar pada 4-12 September 2023 atau sama dengan pelaksanaan FIFA Matchday di bulan tersebut.

4. Asian Games 2022

Seharusnya, Asian Games pada tahun 2023 ini akan digelar pada tahun 2022 kemarin. Namun karena pemerintahan China fokus pada penanganan covid-19, maka even tersebut dipaksa mundur satu tahun kemudian.

Asian Games 2022 akan digelar di China dan akan menampilkan Timnas Indonesia U-23 pada 23 September sampai 8 Oktober 2023.

5. Putaran Pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026

Untuk tampil di Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia harus memulainya dari seleksi tahap awal. Seleksi tersebut yaitu mengikuti Putaran Pertama 2026 yang akan digelar pada 12-27 Oktober 2023.

6. Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026

Jika skuad Garuda sukses melangkah dari Putaran Pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026, maka anak asuh STY tersebut akan kembali mengikuti Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang rencananya akan digelar pada 16 sampai 21 November 2023.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment