Timnas Indonesia

Hari Ini, Erick Thohir dan STY Hadiri Drawing Piala Asia 2023

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Hari ini, pukul 18.00 WIB, Erick Thohir, Shin Tae-yong, dan perwakilan dari Exco PSSI akan menghadiri acara drawing Piala Asia 2023 di Qatar.

Sebagaimana diketahui, setelah 15 tahun lamanya absen dari Piala Asia, akhirnya kembali mentas di even sepakbola terbesar di benua Asia itu. Keberhasilan skuad Garuda tampil di ajang tersebut tak lepas dari peran pelatih asing asal Korea Selatan Shin Tae-yong. Berkat tangan dinginnya lah, Marc Anthony Klok dkk akhirnya menginjakkan kakinya di Piala Asia 2023.

Dalam babak putaran ketiga kemarin, skuad Garuda tergabung di grup A bersama Timnas Kuwait, Timnas Yordania, dan Timnas Nepal. Secara mengejutkan, anak asuh Shin Tae-yong itu menang atas Kuwait 2-1. Selanjutnya, mereka kalah atas Timnas Yordania 1-0. Tapi beruntungnya, skuad Garuda kembali mencatatkan kemenangan telak atas Timnas Nepal dengan skor akhir 7-0.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Hasil tersebut membuat Timnas Indonesia finis di posisi kedua klasemen akhir grup A. Sekaligus membawanya sebagai salah satu runner-up terbaik yang dinyatakan lolos ke Piala Asia 2023. Dan rencananya, drawing untuk Piala Asia 2023 tersebut akan dilangsungkan pada hari ini di Qatar pukul 18.00 WIB. Timnas Indonesia sendiri berada di pot 4. Skuad Garuda menjadi negara yang memiliki peringkat terendah dibandingkan dengan 23 tim lainnya.

Di pot 4, Timnas tergabung dengan lima negara lainnya yaitu Timnas India, Timnas Tajikistan, Timnas Thailand, Timnas Malaysia, dan Timnas Hong Kong. Dengan demikian, di fase grup nanti, Marc Klok dkk dipastikan tak akan berada bersama tim-tim tersebut.

Skuad Garuda justru berpeluang untuk berada di grup yang sama dengan raksasa Asia yang tergabung di dalam pot 1 seperti Timnas Qatar, Timnas Jepang, Timnas Iran, Timnas Korea Selatan, Timnas Australia, atau Timnas Arab Saudi.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Adapun dalam kesempatan (acara drawing) tersebut, Indonesia akan diwakili oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong, serta anggota Exco PSSI.

“Pada 11 Mei 2023 pukul 01.00 WIB, saya terbang ke Doha untuk drawing Piala Asia 2023 bersama coach Shin Tae-yong dan anggota Exco PSSI,” kata Erick Thohir.

Terkait pelaksanaannya, Piala Asia 2023 akan digelar pada tahun 2024 mendatang di Qatar tepatnya 12 Januari sampai 10 Pebruari.

Terakhir kali Timnas Indonesia tampil di even serupa adalah pada tahun 2007. Kala itu, empat negara Asia Tenggara yaitu Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Vietnam sama-sama bertindak sebagai tuan rumah. Namun sayangnya, dari keempat tuan rumah, hanya Timnas Vietnam yang mampu lolos ke babak 8 besar. Itupun mereka dipaksa menyerah atas Timnas Irak di babak delapan besar tersebut.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid