Piala AFC

QFA Resmi Umumkan Piala Asia 2023 Kick Off pada 12 Januari 2024

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Federasi Sepak Bola Qatar (QFA) resmi mengumumkan jadwal pertandingan untuk even akbar Piala Asia 2023. Direncanakan, even sepak bola terbesar se-Asia itu akan dimulai sejak 12 Januari 2024.

Sebagaimana diketahui, beberapa waktu lalu, Indonesia, Korea Selatan, hingga Qatar maju untuk mendaftarkan diri sebagai tuan rumah untuk Piala Asia 2023. Bahkan sebelumnya ada Australia yang juga turut bersaing. Akan tetapi, tak lama kemudian, FA Australia lewat laman resminya mengumumkan bahwa mereka telah menarik diri dari persaingan. Sehingga hanya menyisakan Indonesia, Qatar, dan Korea Selatan.

Bahkan, untuk Indonesia, PSSI sudah mengajukan diri sebagai tuan rumah sejak sebelum tampil di . Saat itu, PSSI berencana untuk menjadi tuan rumah agar Marc Klok dkk otomatis lolos ke putaran final meski di babak kualifikasi tak mendapatkan hasil yang baik.

Namun tanpa diduga-duga, skuad asuhan Shin Tae-yong itu mampu lolos ke putaran final setelah mengakhiri babak kualifikasi di posisi kedua. Tergabung di grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 bersama Timnas Kuwait, Yordania, dan Nepal, skuad Garuda Indonesia finis di posisi kedua. Mereka hanya kalah satu kali atas Yordania namun menang atas Nepal dan Kuwait. Dua kemenangan tersebut membawa Timnas Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia 2023 dengan status sebagai salah satu runner-up terbaik.

Meski sudah dinyatakan lolos, namun PSSI tetap mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah. Namun sayangnya, AFC telah memilih Qatar dengan berbagai alasannya. Salah satunya adalah Qatar dianggap sebagai negara paling siap karena beberapa waktu lalu menjadi tuan rumah untuk .

Namun sebelum negara-negara tersebut mengajukan diri, China merupakan tuan rumah yang sudah dipilih lebih dulu. Akan tetapi China memutuskan untuk mundur dengan alasan covid-19.

Dan kini, setelah resmi terpilih menggantikan China, Federasi Sepak Bola Qatar atau QFA telah mengumumkan jadwal pertandingan untuk even tersebut. Melalui rilis resminya, QFA menyebut Piala Asia 2023 akan dilangsungkan pada 12 Januari 2024. Even tersebut akan dihelat sampai 10 Pebruari atau akan memakan waktu sekitar satu bulan.

“Turnamen dijadwalkan mulai 12 Januari hingga 10 Februari di Qatar,” tulis QFA dalam laman resminya.

Presiden AFC Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa menyebut Qatar memiliki kapasitas dan rekam jejak yang baik ketika menjadi tuan rumah untuk even internasional. Sang presiden juga menilai Qatar memiliki infrastruktur kelas dunia untuk melangsungkan even tersebut.

“Qatar punya kapasitas dan rekam jejak menggelar ajang olahraga internasional dan perhatian mereka terhadap hal detail mengesankan dunia,” ucap Presiden AFC Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa.

“Dengan infrastruktur kelas dunia dan kapabilitas menjadi tuan rumah, kami percaya diri Qatar bisa menyajikan pertunjukan yang hebat untuk menunjukkan mahkota Asia,” pungkasnya.

Diketahui, sepanjang sejarah Piala Asia dilangsungkan, Qatar sudah pernah menjadi tuan rumah dalam even serupa yaitu pada tahun 1998 dan 2011.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

5 Comments