Timnas Indonesia

Sandy Walsh Bertekad Bawa Timnas Indonesia ke Piala Dunia 2026

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Sandy Walsh bertekad untuk membawa hingga Piala Dunia 2026 mendatang.

Seperti yang diketahui, saat ini, Sandy Walsh sedang berada di Indonesia. Ia dan skuad Timnas Indonesia sedang mempersiapkan diri jelang tampil di ajang FIFA Matchday bulan Juni ini.

Pada ajang FIFA Matchday tersebut, dijadwalkan skuad Timnas Indonesia akan menghadapi dua tim berbeda. Dua laga tersebut akan dimainkan di Indonesia. Pertama, skuad Garuda akan berhadapan dengan Timnas Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya. Laga tersebut akan dimainkan pada tanggal 14 Juni 2023. Beberapa hari sesudahnya – atau pada tanggal 19 Juni, skuad Garuda akan kembali menjamu tim kuat lainnya yakni Timnas Argentina. Laga antara skuad Timnas Indonesia versus juara itu akan dimainkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Dalam daftar pemain yang diminta untuk mengikuti TC jelang dua duel penting ini, Shin Tae-yong melalui PSSI sudah memanggil 26 pemain. Dalam daftar 26 pemain itu, 10 di antaranya merupakan pemain abroad. Jika dikerucutkan lagi, empat di antara 10 pemain abroad tersebut belum pernah melakukan debutnya dengan Timnas Indonesia. Mereka adalah Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, dan Rafael Struick.

Untuk Sandy Walsh, ia sebetulnya berpeluang untuk debut di FIFA Matchday edisi sebelumnya (Maret 2023). Namun sayangnya, saat itu, ia mengalami cedera ketika membela klubnya KV Mechelen. Alhasil, dalam dua pertandingan melawan Burundi kala itu, Sandy tak bisa hadir.

Sementara itu, untuk Shayne Pattynama, sejatinya kala itu (FIFA Matchday Maret) ia sudah siap untuk memperkuat Timnas Indonesia. Namun mirisnya, ternyata, sang pemain belum menyelesaikan perpindahan federasi. Adapun untuk Rafael Struick dan Ivar Jenner, meskipun pernah memperkuat Timnas Indonesia U-20 dalam sebuah laga uji coba, namun keduanya belum pernah turun di ajang resmi. Bahkan, keduanya baru-baru ini menyelesaikan proses naturalisasinya.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Terlepas dari sudah atau tidaknya mereka melakukan debut, salah satu di antaranya yakni Sandy Walsh mengaku sudah tak sabar untuk memperkuat Timnas Indonesia. Eks pemain Zulte Waregem ini siap tampil maksimal dengan negara nenek moyangnya tersebut. Bahkan, kepada media asal Belgia Gazet Van Antwerpen, Sandy percaya diri untuk bisa membawa Timnas Indonesia hingga putaran final Piala Dunia 2026.

“Kita (Indonesia) berada di ranking 149 di FIFA,” kata Sandy Walsh kepada Gazet Van Antwerpen .

“Kita juga bisa melaju ke ajang tersebut (Piala Dunia 2026). Saya tahu bahwa ada lebih banyak tim Asia yang bakal berpartisipasi di Piala Dunia berikutnya,” ujarnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid