Piala Dunia 2022

Menuju Piala Dunia 2022, Timnas Portugal Masih Andalkan 5 Pemain Piala Dunia 2010

TOPIK BERITA :


Menuju Piala Dunia 2022, Timnas Portugal Masih Andalkan 5 Pemain Piala Dunia 2010
Cristiano Ronaldo

NOBARTV NEWS – Portugal menatap putaran melalui babak Play-off, meski begitu mereka tetap masuk kedalam skuad yang diunggulkan untuk menjuarai ajang ini, namun yang jadi soal sekitar 5 pemain jebolan Piala Dunia 2010 masih tetap di bawa sang pelatih.

Mengulang cerita di 2010, Timnas Portugal kala itu melangkah cukup jauh di Piala Dunia Afrika Selatan. Namun sayang langkah tim berjuluk A Selecao tersebut terhenti di babak enam belas besar sebelum kalah dari Spanyol.

Kala itu, Portugal mayoritas membawa pemain senior, sehingga saat ini tak banyak anggotanya yang masih aktif bermain hingga sekarang. Sayangnya peremajaan di tubuh timnas Portugal tak merata di semua lini.

Tercatat ada 5 dari 23 pemain Portugal dari Piala Dunia 2010 yang masih aktif berkarier sebagai pesepak bola profesional dan di prediksi ikut dalam gelaran Piala Dunia 2022 mendatang. Siapa sajakah mereka, berikut ulasannya.

Bruno Alves

Setelah hengkang dari FC Porto pada 2010, Bruno Alves jadi pemain yang sering bergonta-ganti tim. Pada 2021/2022, bek berusia 40 tahun ini jadi bagian dari Apollon Smyrnis di Liga Yunani. Kabarnya Bruno Alves akan pensiun dalam waktu dekat.

Pada ajang Piala Dunia 2010, Bruno Alves jadi bek utama Portugal. Kala itu, ia bermain di setiap menit yang dijalani Timnas Portugal dalam empat laga. Ia sukses menjaga gawang Portugal tetap nirbobol pada fase grup hingga akhirnya kebobolan dan kalah dari Spanyol.

Rolando

Rolando merupakan tandem Bruno Alves di lini pertahanan FC Porto pada 2010. Permainan impresifnya sukses membawanya jadi bagian dari Timnas Portugal saat itu. Sayangnya, Rolando tak semenit pun bermain di Piala Dunia tersebut.

Rolando saat ini telah berusia 36 tahun. Itu artinya, ia masih berusia 24 tahun ketika dibawa ke Afrika Selatan. Pemain kelahiran Cape Verde ini sekarang bermain untuk tim Portugal, SC Braga.

Pepe

Pepe jadi salah satu pemain Timnas Portugal di Piala Dunia 2010 yang masih aktif. Ia sering dipanggil timnas hingga saat ini meski sudah berusia 39 tahun. Pepe sendiri berstatus sebagai kapten dari juara 2021/2022, FC Porto.

Pepe hanya bermain dalam 136 menit dalam 2 pertandingan di Piala Dunia 2010. Uniknya, ia tak bermain di posisi aslinya sebagai seorang bek. Pepe tecatat sebagai gelandang bertahan pada laga kontra Brasil dan Spanyol.

Miguel Veloso

Miguel Veloso juga menjadi alumni Timnas Portugal pada Piala Dunia 2010 yang saat ini memegang jabatan sebagai kapten. Gelandang berusia 36 tahun ini adalah kapten Hellas Verona di Serie A.

Pada Piala Dunia 2010, Miguel Veloso dipanggil pada usia 24 tahun, ketika masih membela Sporting Lisbon. Veloso hanya bermain selama 26 menit pada laga kontra Korea Utara dan Brasil. Ia sukses mencatatkan satu assist pada Piala Dunia 2010.

Cristiano Ronaldo

Dalam belasan tahun terakhir, Cristiano Ronaldo masih jadi pemain penting di Timnas Portugal. Pada Piala Dunia 2010, Ronaldo masih berusia 25 tahun. Ia saat itu membela Real Madrid. Sebagai kapten dan tukang punggung tim, Ronaldo tampil pada tiap menit yang dijalani Portugal.

CR7 sukses mencatatkan 1 gol dan 1 assist yang dicetak kala Portugal menang 7-0 dari Korea Utara. Meski saat ini telah berusia 37 tahun, kemampuan Ronaldo masih berada di atas rata-rata. Ia jadi kekuatan utama bagi timnya, Manchester United.

Skuad Portugal makin matang dari tahun ke tahun. Pada Piala Dunia 2022 mendatang, Timnas Portugal terbilang memiliki materi pemain yang komplet. Lantas mampukah Ronaldo dan kolega meriah hasil maksimal di gelaran kali ini, kita tunggu saja aksi mereka.

Peter Nawa Nawa

Penggila sepakbola yang tidak bisa bermain bola, tapi cukup lihay dalam menulis berita bola