Timnas Indonesia

Bima Sakti Ungkap 3 Pendampingnya di Piala Dunia U-17 2023



NOBARTV NEWS – Bima Sakti tidak akan sendirian dalam menukangi di 2023. Ia akan mendapatkan tiga pendamping sekaligus sebelum berlaga di even tersebut.

Seperti yang diketahui, skuad Timnas Indonesia U-17 akan tampil dalam ajang Piala Dunia U-17 2023. Rencananya, ajang sepakbola internasional untuk kelompok umur itu akan digelar di Indonesia pada 10 Nopember hingga 2 Desember 2023.

Awalnya, Indonesia bukanlah tuan rumah (Piala Dunia U-17 2023) sebab sejatinya FIFA memutuskan tanah air sebagai tuan rumah untuk ajang yang lebih tinggi yaitu 2023. Akan tetapi, gelombang protes terkait kedatangan salah satu kontestan yaitu Timnas Israel membuat FIFA membatalkan status tuan rumah bagi Indonesia.

PSSI bahkan mendapatkan sanksi administratif dari FIFA akibat dibatalkan sebagai tuan rumah. Padahal, Ketua Umum PSSI Erick Thohir saat itu sudah melakukan lobi-lobian kepada pengurus besar FIFA termasuk sang Presiden Gianni Infantino. Sayang, negosiasi yang dilakukan oleh eks Presiden Inter Milan itu tak menemui hasil.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Tapi beruntungnya, meskipun gagal sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20, namun ternyata FIFA masih memberikan kepercayaan serta kesempatan bagi Indonesia. Ya, pada awalnya, negara asal Amerika Latin Peru terpilih sebagai tuan rumah untuk ajang Piala Dunia U-17. Sayangnya, Peru dilanda krisis ekonomi sehingga membuat mereka gagal mempersiapkan infrastruktur dan SDM yang memadai untuk bertindak sebagai tuan rumah.

Alhasil, FIFA pun memilih untuk membatalkan status Peru dan menggantikannya dengan Indonesia. Indonesia dianggap jauh lebih siap dibandingkan negara-negara lainnya.

Begitu pengumuman terkait terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah, PSSI langsung menggelar konferensi pers. Dalam konferensi persnya itu, PSSI memilih Bima Sakti sebagai pelatih Timnas Indonesia U-17 untuk Piala Dunia U-17 2023. Tak hanya itu saja, PSSI menawarkan tiga sosok pendamping bagi Bima Sakti. Mereka adalah pelatih Timnas Indonesia senior Shin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia U-23 Indra Sjafri, dan seorang Direktur Teknik PSSI baru yang belum diketahui pasti siapa orangnya.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Bima diperkenankan untuk memilih salah satu dari mereka. Namun ternyata, Bima justru memilih ketiganya untuk menjadi pendampingnya.

“Saya diberikan tiga pilihan oleh PSSI. Ada coach Indra Sjafri, coach Shin Tae-yong, dan Direktur Teknik PSSI yang baru,” ujar Bima Sakti dalam sebuah wawancara terbarunya.

“Saya disuruh memilih. Saya meminta ketiganya. Sebab, saya ingin belajar dari mereka. Saya ingin mendapatkan masukan dari mereka,” tambahnya.

“Saya terbuka dengan siapa pun yang memberikan masukan baik. Saya terima kalau memang itu pas dan benar-benar dibutuhkan di Timnas Indonesia U-17. Saya akan pakai dan terapkan.”

“Saya juga sudah merencanakan untuk bertemu coach Indra Sjafri, coach Shin Tae-yong, dan Direktur Teknik PSSI yang baru,” katanya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment