Timnas Indonesia

Gilas Filipina 5 – 1, Garuda Muda Tempel Ketat Vietnam & Thailand



Gilas Filipina 5 - 1, Garuda Muda Tempel Ketat Vietnam & Thailand
Timnas U-19 vs Filipina

NOBARTV NEWS – Garuda muda sukses mendulang poin penuh di matchday ke-empat U-19. Melawan The Young Azkals (julukan Timnas Filipina), Garuda muda cetak 5 gol dan hanya kebobolan 1 gol saja.

Dalam laga yang dilangsungkan di Stadion Patriot, Candabraga Bekasi itu, lebih dulu mencetak gol lewat titik putih. Rabbani Tasnim yang menggantikan posisi Hokky Caraka di lini depan sukses mencetak gol pertamanya dalam turnamen ini. Rabbani Tasnim kembali mencetak dua gol lainnya – dan menjadikan dirinya hattrick dalam laga tersebut. Dua gol Garuda muda lainnya berasal dari Alfriyanto Nico Saputro dan Razzaa Fachrezi Aziz. Sedangkan satu gol skuad muda The Azkals berasal dari sepakan keras Frias.

Hal menarik dari laga semalam adalah absennya beberapa pemain inti skuad Garuda yang biasa digunakan di laga sebelumnya. Hokky Caraka, Ronaldo Kwateh, hingga Kakang Rudianto tidak masuk dalam daftar starting line up.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-Yong sengaja melakukan rotasi sedemikian rupa demi mengantisipasi fisik para anak asuhnya. Sebab, dua hari berikutnya (besok malam), Garuda muda akan kembali memainkan laga pamungkasnya di grup A Piala AFF U-19.

“Antisipasi fisik untuk laga berikutnya, jadi hampir semua starting diganti. Untuk semua pemain hari ini bekerja keras, saya ucapkan terima kasih,” ujar Shin Tae-Yong.

“Jadi seperti apa yang dilihat di lapangan cuaca sangat panas, dan bermain dalam dua hari sekali itu berbahaya. Seharusnya 3-4 hari sekali itu sangat baik untuk meningkatkan performa. Suhu 28-30 derajat juga membuat pemain menderita,” tambah pelatih asal Korea Selatan itu.

Shin Tae-Yong mengaku jika semua tim (kontestan Piala AFF U-19) sama susahnya dengan format turnamen yang amat padat.

“Semua tim di turnamen ini keadaannya sama, susah dan sulit. Itu yang sedang kami adaptasi,” tutup Shin.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Kemenangan tersebut membuat Timnas U-19 merengsek ke posisi ketiga klasemen sementara grup A. Garuda muda tempel ketat Timnas Vietnam dan Thailand yang di laga sebelumnya juga meraih kemenangan. Vietnam dan Thailand masing-masing berada di posisi satu dan dua dengan raihan poin sama yakni 10. Sedangkan Timnas Indonesia U-19 dengan poin 8.

Timnas Myanmar yang sebelumnya berada di posisi ketiga terlempar ke posisi empat dengan raihan 6 poin. Timnas Filipina dan Brunei paling merana. Dari seluruh laga yang sudah dijalani keduanya, mereka selalu kalah dari lawan-lawannya.

Di laga terakhirnya, skuad Garuda muda akan berhadapan dengan Timnas Myanmar yang sudah dipastikan gugur dari turnamen ini. Asalkan menang atas Myanmar, Timnas Indonesia U-19 dipastikan lolos ke babak berikutnya (semifinal) – entah itu Thailand menang (di laga terakhirnya), Vietnam menang, atau keduanya bermain imbang.

 

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid