Timnas Indonesia

Indonesia Main Imbang, STY Beri Saran Terkait Rumput Lapangan pada Federasi Sepakbola Filipina



NOBARTV NEWS hanya bermain imbang di laga kontra Filipina tadi malam. Salah satu hal yang menjadi sorotan sang pelatih Shin Tae-yong yakni rumput stadion. Tak pelak, usai pertandingan, Shin memberikan sarannya kepada Federasi Sepakbola Filipina terkait kondisi rumput di stadion tersebut.

Seperti yang diketahui, pada malam hari tadi, Timnas Indonesia bermain di kandang Filipina yakni Rizal Memorial Stadium. Laga tersebut bertajuk matchday kedua 2026 zona Asia ronde kedua.

Pada matchday pertama, Timnas Indonesia berjumpa dengan Timnas Irak di Basra International Stadium. Sayangnya, pada pertandingan itu, skuad Garuda dipermalukan oleh tuan rumah dengan skor telak 5-1. Asnawi Mangkualam Bahar dkk tak berdaya di hadapan 11 pemain lawan dan bisingnya 65 ribu suporter tuan rumah. Satu-satunya gol yang bersarang ke gawang Irak saat itu dicetak oleh Shayne Pattynama.

Adapun untuk Timnas Filipina, anak asuh Michael Weiss itu juga meraih hasil buruk di matchday pertamanya. Menjamu Vietnam di kandang sendiri, Daisuke Sato dkk menyerah atas skuad The Golden Star Warriors. Mereka dikalahkan oleh sang tamu dengan skor akhir 0-2.

Oleh karena itu, laga antara Timnas Filipina dan Indonesia semalam terasa lebih spesial karena beberapa hal. Selain karena duel dua tim yang sama-sama sedang mengincar kemenangan perdana, duel tersebut juga mempertemukan dua tim sesama asal Asia Tenggara. Atas dasar itu, pertandingan semalam berjalan begitu keras.

Sayangnya, di laga tersebut, kedua tim harus puas dengan hasil imbang 1-1. Filipina lebih dulu mencetak gol di menit ke 23 lewat Patrick Reichelt. Gol tersebut bertahan hingga peluit babak pertama berakhir.

Indonesia Main Imbang, STY Beri Saran Terkait Rumput Lapangan pada Federasi Sepakbola Filipina
Rizky Ridho dalam duel Filipina vs Indonesia tadi malam

Setelah melakukan beberapa pergantian pemain, Timnas Indonesia baru bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-70. Pemain abroad asal Sabah FC Saddil Ramdani membuat gol indah usai menerima sodoran manis dari Ricky Kambuaya. Alhasil, kedua tim bermain imbang 1-1 dan harus puas berbagi poin 1.

Terlepas dari hasil tersebut, ada sesuatu hal yang menjadi perhatian banyak orang di laga itu. Ya, di awal-awal pertandingan, siapapun yang menyaksikan pertandingan tersebut tentu sepakat kalau skuad Garuda sangat kesulitan untuk mengembangkan permainannya. Bahkan, hingga gol pertama yang dicetak oleh Patrick Reichelt, skuad Garuda kesulitan untuk melancarkan serangan-serangannya.

Hal itu kemudian menjadi perhatian dari sang pelatih Shin Tae-yong. Kata Shin, faktor lapangan lah yang membuat anak asuhnya tidak bisa bermain seperti biasa. Ya, rumput stadion Rizal Memorial diketahui menggunakan rumput sintetis alias bukan rumput asli. Sementara itu, skuad Garuda sangat tidak terbiasa menggunakan lapangan dengan permukaan rumput seperti itu.

Sampai-sampai, Shin di sesi konferensi pers tersebut memberikan sarannya kepada Federasi Sepakbola Filipina.

“Seperti yang terlihat semua orang, dalam 20 menit pertama, kami tidak tampil baik. Saya sudah memperkirakan kesulitan di babak pertama karena kondisi lapangan,” ujar Shin Tae-yong.

“Saya menyarankan kepada Asosiasi Sepak Bola Filipina untuk memiliki lapangan buatan berkualitas tinggi yang sesuai dengan standar FIFA,” ucap STY menambahkan.

“Hal ini akan menunjukkan rasa hormat kepada tim tamu, meskipun mereka dapat menghabiskan banyak waktu untuk berlatih dan beradaptasi dengan lapangan.”

“Saya harap jika kami memiliki pertandingan di sana di masa depan, kondisi lapangan bisa lebih baik,” pungkas mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid