Timnas Indonesia

Faktor Pemain Naturalisasi, Media Vietnam Sebut Indonesia Bakal Jadi Tim Terkuat Asia Tenggara



NOBARTV NEWS – Kehadiran para pemain naturalisasi di skuad akan menjadi momok menakutkan bagi lawan-lawannya. Bahkan, sebuah media asal Vietnam menyebut kehadiran mereka akan membuat Timnas Indonesia sebagai tim terkuat di Asia Tenggara.

Diketahui, skuad Timnas Indonesia dari tahun lalu – sejak masih dipimpin oleh Mochamad Iriawan sudah melakukan proses naturalisasi. Kabar baiknya, proses naturalisasi tersebut tidak berhenti di tempat begitu PSSI diambil alih oleh Ketua Umum yang baru yakni Erick Thohir.

Tercatat, ada dua pemain naturalisasi yang berhasil diproses oleh Mochamad Iriawan ketika dirinya masih menjabat. Mereka adalah Sandy Walsh dan Jordi Amat. Selain keduanya, ada pula pemain yang memulai proses naturalisasi tersebut di eranya namun dirampungkan di masa Erick Thohir. Mereka adalah Ivar Jenner, Rafael Struick, Justin Hubner, dan terakhir Shayne Pattynama.

Menariknya, di luar nama-nama yang disebut tadi, adapula pemain yang memulai proses naturalisasi ketika Erick Thohir sudah memegang kendali penuh di PSSI. Mereka adalah Jay Idzes, Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, Nathan Tjoe-A-On, dan yang paling baru adalah Maarten Paes. Untuk Jay Idzes, bek tengah Venezia FC ini sudah resmi menyandang status sebagai WNI. Sedangkan untuk Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye, keduanya diprediksi sudah resmi menjadi WNI pada Maret mendatang. Bahkan, keduanya – berikut dengan Jay Idzes kemungkinan besar sudah bisa menjalani debutnya di 2026 pada bulan Maret tersebut.

Baca Juga:  Indonesia vs Yordania: Skuad Garuda di Ambang Sejarah

Dengan kehadiran mereka (pemain naturalisasi), Timnas Indonesia diprediksi akan lebih menakutkan dari biasanya. Bahkan, laga melawan Vietnam pada Maret mendatang diprediksi akan menguntungkan bagi skuad Garuda apabila para pemain naturalisasi tersebut sudah sah menjadi WNI.

Menariknya, media lawan yakni Soha (media Vietnam) turut memberitakan peluang para pemain naturalisasi tersebut untuk berjumpa dengan Timnas Vietnam. Mereka menyebut Timnas Indonesia akan menjadi tim terkuat di Asia Tenggara dengan kehadiran para pemain naturalisasi tersebut.

Faktor Pemain Naturalisasi, Media Vietnam Sebut Indonesia Bakal Jadi Tim Terkuat Asia Tenggara
Calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia Thom Haye (sumber: IG @thomhaye)

“Alasan mengapa Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen bisa dikatakan lebih unggul dari pemain naturalisasi yang dimiliki Indonesia adalah karena mereka bermain di salah satu kejuaraan nasional papan atas di Eropa,” tulis Soha dalam pemberitaannya.

“Mereka juga punya peran penting (di klub),” lanjut laporan tersebut.

Baca Juga:  Begini Penjelasan PSSI soal Kepergian Nathan Tjoe-A-On dari Timnas U23

Dengan kehadiran Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen, kata Soha – hal tersebut akan membikin Timnas Indonesia sebagai tim terkuat se-Asia Tenggara.

“Jika Haye dan Oratmangoen hadir, Timnas Indonesia memang akan memiliki skuad yang sangat kuat. Bahkan bisa dibilang terkuat di Asia Tenggara,” pungkas media tersebut.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *