Timnas Indonesia

Media Jepang Juluki Asnawi sebagai Bek Naga Komodo, Apa Artinya?



NOBARTV NEWS – Asnawi Mangkualam Bahar mendapat julukan baru dari media asal Jepang. Media tersebut menyebut Asnawi dengan nama bek Naga Komodo. Apa maksud dari julukan tersebut?

Seperti yang diketahui, skuad pada malam hari ini akan memainkan laga pamungkasnya di grup D Piala Asia 2023. Dijadwalkan, anak asuh Shin Tae-yong itu akan bertemu dengan Timnas Jepang di Al Thumama Stadium. Laga melawan Jepang merupakan laga hidup mati bagi skuad Garuda.

Ya, bagaimana tidak, pada laga sebelumnya, kedua tim mencatatkan hasil yang sama. Dari dua pertandingan awal kedua tim, Jepang dan Indonesia sama-sama mempunyai tiga poin. Tiga poin itu didapatkan dari satu hasil imbang dan satu kali menderita kekalahan.

Jepang mengalami kekalahan dari Irak 2-1 (matchday kedua) namun mencatatkan kemenangan 4-2 atas Vietnam (matchday pertama). Adapun Timnas Indonesia, Marc Anthony Klok dkk berhasil menang atas Vietnam 1-0 (matchday kedua) tetapi sempat menderita kelalahan pada laga melawan Irak 3-1 (matchday pertama). Oleh karena itu, laga melawan Jepang adalah laga hidup mati bagi Timnas Indonesia. Siapapun pemenang di laga ini, maka mereka lah yang berhak menemani Irak (sudah lebih dulu dipastikan lolos) ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Ya, dari keempat tim yang tergabung dalam grup D tersebut, hanya Vietnam yang sudah dipastikan gugur walaupun masih menyisakan satu pertandingan kontra Irak. Sedangkan Irak, tim berjuluk Singa Mesopotamia itu menjadi satu-satunya tim yang sudah memastikan lolos. Dan untuk satu posisi runner-up, kini sedang diperebutkan oleh Timnas Indonesia dan Timnas Jepang yang akan berlaga pada malam hari ini.

Media Jepang Juluki Asnawi sebagai Bek Naga Komodo, Apa Artinya?
Kapten Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam Bahar (sumber: Instagram @asnawi_bhr)

Lucunya, jelang pertemuan kedua tim, sebuah media asal Jepang bernama Nikkan Sports memberikan julukan baru kepada kapten Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam Bahar. Asnawi sendiri merupakan pahlawan Timnas Indonesia setelah di pertandingan sebelumnya mencetak satu-satunya gol kemenangan atas Vietnam. Kata Nikkan Sports, Asnawi seperti Bek Naga Komodo.

“Bek Naga Komodo Asnawi patut diwaspadai,” tulis Nikkan Sports.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

“Ia merupakan bek kanan agresif yang juga menjadi pemain Indonesia pertama yang bermain di K League Korea,” lanjut media tersebut.

Julukan tersebut bukanlah tanpa alasan. Nikkan mengibaratkan Asnawi seperti Komodo karena dianggap memiliki kekuatan terkuat seperti reptil yang hidup di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur itu.

“Pada pertandingan kedua tanggal 19, Asnawi mencetak gol kemenangan melalui tendangan penalti dan mengalahkan Vietnam 1-0. Ibarat reptil terkuat yang hidup di negerinya sendiri,” lanjut media tersebut.

“Habisi lawan dengan berpartisipasi dalam serangan yang berani,” tutup media tersebut.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *