Timnas Indonesia

PSSI Rencanakan Timnas Indonesia TC di Turki sebagai Persiapan Piala Asia 2023

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Tak lama lagi, akan turut serta dalam ajang Piala Asia 2023. Sebagai persiapannya jelang tampil di ajang tersebut, mereka – para pemain skuad Garuda akan melakukan pemusatan latihan di Turki.

Ya, seperti yang diketahui, pada tahun depan, skuad Timnas Indonesia akan turut tampil dalam ajang bergengsi bertajuk Piala Asia 2023. Keikutsertaannya skuad Garuda di even ini merupakan yang pertama kalinya sejak tahun 2007.

Pada tahun 2007 lalu, empat negara Asia Tenggara – yang salah satunya adalah Timnas Indonesia bertindak sebagai tuan rumah. Oleh karenanya, pada Piala Asia 2007, Indonesia berhak menjadi salah satu peserta di even tersebut.

Sayangnya, setelah tidak menjadi tuan rumah, Indonesia kesulitan untuk kembali bermain di even sepak bola tertinggi di benua Asia itu. Berulang kali, skuad Garuda selalu kalah di babak penyisihan. Hingga akhirnya, pada tahun 2022 lalu, ketika Marc Klok dkk bermain di , kesempatan itu akhirnya resmi didapatkan. Pada Kualifikasi Piala Asia 2023 saat itu, anak asuh Shin Tae-yong tersebut berhasil finis di peringkat kedua babak ketiga Grup A. Alhasil, untuk pertama kalinya sejak tahun 2007 itu, mereka akan kembali tampil di Piala Asia.

Baca Juga:  Menanti Kontrak Baru STY lewat Duel Indonesia vs Yordania

PSSI Rencanakan Timnas Indonesia TC di Turki sebagai Persiapan Piala Asia 2023
Kapten Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam Bahar beraksi dengan Timnas Indonesia

Oleh sebab itu, sebagai persiapan jelang digulirkannya Piala Asia 2023 tahun depan, PSSI berencana untuk melakukan pemusatan latihan bagi Marc Klok dkk. Tak tanggung-tanggung, sebagai persiapannya di ajang itu, PSSI akan memberangkatkan mereka ke benua Eropa – tepatnya di Turki. Bahkan, salah satu lawan yang akan dihadapi dalam TC tersebut sudah dikonfirmasi langsung oleh asisten STY Nova Arianto. Kata Nova, skuad Garuda kemungkinan besar akan berhadapan dengan tim asal timur tengah Iran.

“Sebelum Piala Asia kami memang merencanakan ada uji coba,” terang Nova Arianto.

“Iran menjadi salah satu lawan yang kami rencanakan. Akan tetapi, kami lihat perkembangan dari PSSI apakah kita jadi lawan Iran atau tidak nanti saat persiapan di Qatar,” tambah pria yang juga mantan pemain Timnas Indonesia itu.

Baca Juga:  Deretan Wasit di Laga Indonesia vs Yordania

Selain Iran, Nova menyebut skuad Garuda juga akan mengikuti beberapa laga uji coba. Akan tetapi, ia belum bisa menyebutkan tim mana yang akan menjadi lawan skuad Garuda di laga uji coba tersebut.

“Akan ada beberapa uji coba ya.Nanti kami akan TC di Turki. Akan ada beberapa uji coba di Turki. Mungkin uji coba yang terakhir akan uji coba melawan Iran di Qatar,” katanya memungkasi.

Di Piala Asia 2023 sendiri, skuad Timnas Indonesia dipastikan tergabung dalam grup D bersama tiga tim kuat lainnya. Ketiga tim tersebut adalah Timnas Jepang, Timnas Irak, dan tim asal sesama Asia Tenggara yakni Timnas Vietnam.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid