Timnas Indonesia

Pengamat Sepakbola Minta Masyarakat Jangan Pesimis dengan Penampilan Timnas Indonesia di Piala Dunia U-17 2023



NOBARTV NEWS – Sejauh ini, penampilan memukau dari U-17 memang belum pernah kita lihat secara langsung. Namun khusus untuk 2023 ini, seorang pengamat sepakbola tanah air meminta segenap masyarakat Indonesia untuk tidak pesimis dengan penampilan skuad Garuda Asia.

Seperti yang diketahui, tak lama lagi, kurang dari satu minggu, Timnas Indonesia U-17 akan turun dalam sebuah even penting bertajuk Piala Dunia U-17 2023. Di even ini, skuad Garuda Asia akan bertindak sebagai tuan rumah. Oleh karena itu, anak asuh Bima Sakti itu menjadi satu-satunya tim yang lolos ke putaran final tanpa mengikuti babak kualifikasi terlebih dahulu.

Akan tetapi, perlu dicatat bahwa Indonesia bisa jadi tuan rumah karena Peru resmi mengundurkan diri. Akibatnya, Indonesia ditunjuk oleh FIFA sebagai tuan rumah untuk ajang Piala Dunia U-17 itu. Tanpa pikir panjang, PSSI menyambut baik penunjukkan tersebut.

Bertindak sebagai tuan rumah membuat penampilan Timnas Indonesia U-17 di even tersebut jelas akan jadi sorotan banyak orang. Tidak hanya oleh penikmat sepakbola saja namun media dalam hingga luar negeri akan memberitakan perjalanan tuan rumah sepanjang even tersebut digelar. Jika buruk, tuan rumah akan mendapat cemoohan. Namun jika sebaliknya, Indonesia akan dipuja-puja dan dibanggakan.

Oleh karena itu, demi meraih kesuksesan di laga penting itu, PSSI sejak beberapa bulan lalu telah melakukan persiapan penting. Khusus untuk skuad Garuda Asia, PSSI telah menggelar beberapa agenda. Sebut saja seperti seleksi pemain di beberapa kota berbeda se-Indonesia. Lalu memanggil beberapa pemain diaspora. Terakhir, mereka melakukan pemusatan latihan dan uji coba di negara Eropa Jerman.

Sayangnya, dari uji coba terakhir yang dilakukan di Jerman, skuad Timnas U-17 hanya mampu mencatatkan dua kemenangan dalam tujuh pertandingan yang dilakoninya. Tak ayal, hal itu juga turut membuat banyak orang meragukan kualitas mereka. Terlebih, di Piala Dunia U-17 ini, anak asuh Bima Sakti itu tergabung dalam grup yang cukup sulit yakni di grup A bersama Timnas Ekuador U-17, Timnas Maroko U-17, dan Timnas Panama U-17.

Keraguan itu juga didasari atas terpilihnya Bima Sakti sebagai pelatih Timnas Indonesia U-17. Sejak ditunjuk sebagai pelatih, Bima mendapat sorotan tajam dari banyak orang. Ia diragukan bisa berbuat banyak untuk Timnas Indonesia di even sekelas Piala Dunia U-17 2023.

Namun demikian, hal berbeda disampaikan oleh seorang pengamat sepakbola Kesit B Handoyo. Kesit meminta masyarakat Indonesia untuk tidak pesimis dengan kiprah Arkhan Kaka dkk di Piala Dunia U-17 ini. Justru, sebagai suporter tuan rumah, maka segenap masyarakat Indonesia seharusnya memberikan dukungan penuh kepada anak asuh Bima Sakti itu.

Pengamat Sepakbola Minta Masyarakat Jangan Pesimis dengan Penampilan Timnas Indonesia di Piala Dunia U-17 2023
Salah satu pemain Timnas Indonesia U-17 Amar Rayhan Brkic dalam sesi latihan

“Jangan sampai rasa pesimis itu menjadi sesuatu yang terus digaungkan. Apalagi ini menjadi penampilan perdana timnas U-17 Indonesia di Piala Dunia U-17 2023,” kata Kesit.

“Dukungan ini perlu kepada pemain-pemain muda kita supaya bisa mendapatkan pengalaman tampil di Piala Dunia U-17 2023 dan ini harus dimanfaatkan dengan baik,” ucapnya menambahkan.

“Tidak perlu memikirkan target tercapat tapi yang paling penting itu sekarang masyarakat harus benar-benar memberikan dukungan dan para pemain menunjukkan penampilan sebaik mungkin,” katanya memungkasi.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid