Timnas Indonesia

FIFA Minta Indonesia Persiapkan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2040



NOBARTV NEWS – Setelah bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo kemarin, Ketua Umum PSSI Erick Thohir berbicara banyak hal – yang salah satunya adalah terkait potensi Indonesia menjadi tuan rumah untuk Piala Dunia 2040.

Sebagaimana diketahui, pada Senin kemarin, Erick Thohir dan para pejabat PSSI atau bawahannya sudah bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo. Mereka dijamu oleh orang nomor satu di Indonesia itu di Istana Kepresidenan Jakarta.

Banyak hal yang mereka bicarakan di sana. Dimulai dari rencana atau road map PSSI ke depannya, lalu terkait pembangunan training center untuk , sampai dengan kesempatan Indonesia untuk menjadi tuan rumah di even paling akbar dan bergengsi yakni Piala Dunia 2040.

Jokowi lantas meminta Erick Thohir untuk membuat blue print untuk PSSI ke depannya. Hal itu dimintai Jokowi agar PSSI memiliki arah serta tujuan yang jelas di tahun-tahun berikutnya. Agar tidak melenceng dari apa yang sudah ada pada konsep blue print tersebut.

“Kami mendapat arahan bagaimana sepak bola harus punya blue print, baik jangka pendek, menengah, dan panjang,” kata Erick Thohir dilansir dari YouTube resmi Sekertariat Kepresidenan.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

“Ini menjadi komitmen kami bahwa blue print sepak bola ini harus segera terjadi. Insya Allah kita buktikan dengan kepengurusan yang baru, kita bisa bekerja maksimal untuk sepak bola Indonesia,” ujarnya menambahkan.

Dengan adanya blue print, maka program PSSI akan lebih terarah – hingga tahun-tahun berikutnya. Termasuk hingga tahun 2040 nanti yang di mana, ada wacana Indonesia akan menjadi tuan rumah untuk even Piala Dunia 2040. Wacana tersebut bukan sekadar isapan jempol belaka. Sebab dalam G20 tahun lalu, Presiden FIFA Gianni Infantino pernah bertemu dengan Joko Widodo. Saat itu, Gianni menawarkan bagaimana jika Indonesia menjadi tuan rumah untuk even sepak bola sekelas Piala Dunia. Bahkan, Gianni saat itu cukup berharap dengan tawaran yang ia berikan.

“Diskusi Bapak Presiden Joko Widodo dengan Presiden FIFA di G20, salah satunya Indonesia diharapkan bisa menjadi tuan rumah kejuaraan dunia 2040 (Piala Dunia),” jelas Erick.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

“Artinya, tentu kita harus punya blue print menuju 2040. Apakah itu di program, infrastruktur, percepatan tim nasional, atau pun pembinaan secara menyeluruh.”

“Kalau blue print tidak ada ujungnya, ya hanya blue print saja dan kalau blue print ini ada tujuan besar, siapa pun pemerintahnya, siapa menterinya, siapa pun ketua PSSI-nya, kita punya tujuan yang sama,” tegas eks bos Inter Milan itu.

Akan tetapi, kata Erick, sebelum PSSI membuat blue print tersebut, ia akan mengadakan sarasehan sepak bola pada 4 Maret mendatang. Sarasehan itu bertujuan untuk membahas segala macam aspek sepak bola di Indonesia. Baik itu kelebihan, kekurangan, atau hal-hal yang perlu rasanya untuk didiskusikan. Setelah itu selesai, barulah PSSI membuat blue print tersebut.

“Kami baru akan mengadakan sarasehan sepak bola 4 Maret nanti, khusus Liga 1 dan Liga 2. Habis itu Liga 3, Asprov, dan wasit. Tentu setelah ini jadi baru kami bisa menciptakan blue print secara jangka panjang,” ujarnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

9 Comments