Timnas Indonesia

Demi Klub dan Timnas, PT LIB Ubah Jadwal Liga 1 Pekan ke-31



NOBARTV.CO.ID PT LIB tunda Liga 1, Operator Liga 1 yakni PT LIB Indonesia berencana untuk menunda pelaksanaan Liga 1 untuk satu pekan tepatnya pada pekan ke-31. Penundaan tersebut dilakukan bersamaan dengan digelarnya even 2024.

Skuad Garuda muda yang terkumpul dalam U-23 akan kembali beraksi di waktu dekat ini. Dijadwalkan, anak asuh Shin Tae-yong itu akan berlaga di even Piala Asia U-23 2024. Sekadar diketahui, Piala Asia U-23 tahun ini merupakan even pertama yang diikuti Garuda muda sepanjang sejarah. Sebelumnya, mereka selalu gagal dalam babak kualifikasi.

Sementara itu, sebelum digelarnya even ini (15 April – 3 Mei), PSSI dan Timnas Indonesia akan melakukan pemusatan latihan seperti pada umumnya. Rencananya, para pemain akan mengikuti TC di negara timur tengah Uni Emirat Arab. Sejauh ini, ada beberapa nama yang sudah mendapatkan panggilan. Seperti Beckham Putra hingga Bagas Kaffa.

Sayangnya, dalam pelaksanaan Piala Asia U-23 2024, even tersebut digelar berbarengan dengan kompetisi sepakbola domestik Liga 1. Selain itu, even ini juga tidak masuk dalam kalender resmi FIFA. Akibatnya, Shin Tae-yong selaku pelatih menemui dua masalah sekaligus. Pertama, karena even ini digelar di tengah kompetisi Liga 1, maka sudah pasti akan banyak protes yang dilakukan para pelatih ketika pemainnya dipanggil. Kedua, dikarenakan even ini tidak masuk dalam kalender resmi FIFA, maka klub-klub tempat para pemain abroad tersebut bermain akan sulit untuk melepaskan pemainnya. Terlebih, beberapa pemain muda di luar negeri masih sangat layak untuk dimainkan di Piala Asia U-23 ini. Sebut saja seperti Marselino Ferdinan, Ivar Jenner, Pratama Arhan, hingga Rafael Struick.

Baca Juga:  Profil Shaun Evans: Wasit Indonesia vs Korsel yang Pernah Bikin Kesal Suporter Persib dan Timnas Indonesia

Demi Klub dan Timnas, PT LIB Ubah Jadwal Liga 1 Pekan ke-31
Ferry Paulus dalam sebuah acara PT LIB (sumber: IG @pt_lib)

Akan tetapi, kabar baiknya adalah – khusus untuk Liga 1, PT LIB selaku operator bersedia untuk menunda pelaksanaannya Liga 1 selama satu pekan tepatnya untuk pekan ke-31. Penundaan tersebut dilakukan agar pemain bisa meninggalkan klub dan klub tidak keberatan untuk melepaskan mereka karena kompetisi sedang ditunda.

“Berkenaan dengan hal tersebut di atas, PSSI meminta PT Liga Indonesia Baru untuk menerbitkan sirkular kepada tim peserta Tahun 2023/24 dan pihak-pihak lainnya terkait penundaan tersebut,” bunyi surat yang ditandatangani oleh Sekjen PSSI Yunus Nusi itu.

Sementara itu, Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus mengaku bersedia menjalankan tugas tersebut. Hal itu, kata Ferry adalah sebagai bentuk dukungannya kepada tim nasional.

“Sebagai bentuk dukungan kepada timnas, LIB siap menjalankan keputusan tersebut. Dalam hal ini, kami langsung berkomunikasi dengan klub dan perubahan jadwal pekan ke-31 BRI Liga 1 2023/24 akan disampaikan kemudian,” kata Ferry Paulus.

Baca Juga:  Begini Kata Kedua Pelatih Jelang Duel Indonesia vs Korea Selatan

“Semua diputuskan atas nama kepentingan timnas. Seperti yang kita tegaskan pada awal musim, Kompetisi BRI Liga 1 2023/24 pada akhirnya untuk timnas. Demi tim Merah Putih yang selalu kita banggakan bersama,” ujarnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *