Timnas Indonesia

Pelatih Sementara Persebaya Tanggapi Pemanggilan Ernando Ari ke TC Timnas U-23: Timnas Adalah yang Utama!



NOBARTV NEWS – Setelah tampil memukau bersama U-23 dan senior beberapa waktu lalu, kiper Persebaya Surabaya Ernando Ari kembali mendapat panggilan untuk mengikuti TC jelang U-23 2023. Pelatih sementara Persebaya Uston Nawawi memberikan respons atas terpanggilnya kiper utamanya itu.

Seperti yang diketahui, pada malam hari tadi, PSSI telah mengumumkan daftar 23 pemain yang akan mengikuti TC jelang Piala AFF U-23 2023. Sebelumnya, PSSI juga pernah mengumumkan hal serupa pada Senin malam (7/8) kemarin.

Dalam pengumuman awal itu, PSSI mengumumkan 26 nama yang diminta untuk segera bergabung di pemusatan latihan. Akan tetapi, tak sampai setengah jam pasca postingan tersebut dibuat, PSSI dengan cepat menghapusnya. PSSI sendiri bungkam dengan alasan menarik kembali pengumuman yang sudah disampaikannya itu. Namun kuat dugaan jika postingan tersebut dipublikasi tanpa melakukan koordinasi dengan klub para pemain yang dipanggil.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Sebab dari poster yang sempat tersebar, banyak sekali pemain bintang yang tercantum namanya. Dua pemain abroad seperti Ivar Jenner dan Rafael Struick masuk dalam daftar tersebut. Bahkan, pemain yang sudah sering keluar masuk tim nasional senior seperti Witan Sulaeman juga ikut masuk.

Akan tetapi, ketika pengumuman kedua yang disampaikan PSSI tadi malam diunggah, tak ada nama ketiga nama yang disebutkan tadi. Dan dalam pengumuman baru itu, pemain yang dipanggil berkurang menjadi 23 nama saja.

Dalam 23 nama itu, untuk posisi penjaga gawang, Shin Tae-yong meminta kehadiran Ernando Ari, Muhammad Adisatryo, dan Daffa Fasya. Dan dari ketiga nama tersebut, publik sepakbola Indonesia sudah bisa menebak bahwa kiper utama akan dipegang oleh Ernando Ari.

Di dua even sebelumnya, Ernando merupakan kiper utama baik untuk Timnas Indonesia U-22 atau Timnas Indonesia senior. Di SEA Games 2023 kemarin, Ernando dipasang sebagai kiper utama sedangkan Adisatryo sebagai pelapisnya. Bahkan ketika bertemu dengan Timnas Argentina di FIFA Matchday Juni ini, kiper muda Persebaya Surabaya itu menjadi pemain inti.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Atas pemanggilan tersebut, pelatih sementara Persebaya Surabaya Uston Nawawi pun memberikan responsnya. Kata Uston, pemanggilan Ernando ia serahkan sepenuhnya kepada manajemen Bajul Ijo (julukan Persebaya Surabaya).

“Masalah dia (Ernando Ari) kami serahkan kepada manajemen,” kata Uston Nawawi.

Uston juga menyinggung kondisi Persebaya Surabaya saat ini – yang di mana, tim asal Jawa Timur itu sedang tidak dalam kondisi yang cukup baik. Meskipun demikian, Uston menyebut kehilangan Ernando Ari ke Timnas Indonesia bukanlah sebuah masalah. Sebab baginya, tugas untuk bermain dengan tim nasional adalah yang utama.

“Memang kondisi kita setelah lima kali belum menang dan hari ini menang. Tapi dia mendapat panggilan ke timnas. Tapi tugas timnas adalah yang utama,” ucapnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment