Timnas Indonesia

Jelang Hadapi Turki U-20, STY Ungkap Kelemahan Muhammad Ferrari dkk: Suka Bengong Pas Kehilangan Bola!



NOBARTV NEWS U-20 akan melakoni uji coba keduanya di Eropa pada malam hari ini. Dijadwalkan, skuad asuhan Shin Tae-yong itu akan menghadapi Timnas Turki U-20. Di uji coba pertama kemarin, Marselino Ferdinan dkk menang atas tim lokal Cakallikli Spor 2-1.

Untuk diketahui, di Eropa tepatnya di Turki, Garuda muda akan melawan beberapa tim sebagai persiapan jelang Piala Asia U-20 dan 2023. Sampai saat ini, ada empat tim yang telah dikonfrimasi akan menjadi lawan tanding Timnas U-20.

Pertama adalah Cakallikli Spor – yang di mana laga tersebut sudah selesai dihelat. Kemudian melawan Timnas Turki U-20 yang akan dilangsungkan sebanyak dua kali. Adapula tim lokal Antalyaspor dan terakhir Timnas Moldova U-20.

STY sendiri merasa cukup bangga karena di laga uji coba pertama kemarin anak asuhnya sukses mengemas kemenangan. Pasalnya, meski melawan tim yang disebut Shin sebagai tim lemah, namun skuad Cakallikli Spor berkekuatan pemain senior yang tentunya – memiliki jam terbang lebih banyak daripada anak asuhnya.

“Bisa dibilang timnya lemah. Akan tetapi, tetap lawan merupakan tim senior,” tutur Shin.

“Jadi, pertandingan berjalan lumayan baik. Secara keseluruhan baik.”

Di laga tersebut, Timnas Indonesia U-20 mencatatkan kemenangan lewat masing-masing gol dari Ricky Pratama dan Ginanjar Wahyu pada babak pertama dan kedua.

Meski demikian, Shin memiliki catatan penting terhadap laga tersebut. Satu kekurangan ini perlu diperbaiki Marselino Ferdinan dkk sebelum melawan Timnas Turki U-20 malam hari nanti. Menurut Shin, anak asuhnya kerap bengong ketika kehilangan bola.

“Jadi, kelemahan saat ini kalau kehilangan bola itu mereka suka berdiri diam saja. Seharusnya pemain kami itu pressing biar lawan tidak dapat peluang yang baik atau serangan balik,” terang Shin Tae-yong terkait laga melawan Cakallikli Spor.

“Jadi pemain-pemain sampai sekarang juga masih saja saat kehilangan bola, mereka tidak melakukan pressing,” tambah pelatih asal Korea Selatan itu.

Lebih lanjut, STY akan terus memperbaiki kualitas anak asuhnya agar bisa tampil jauh lebih baik lagi.

“Itu pelan-pelan harus diperbaiki. Dan kelemahan-kelemahan yang ada juga diperbaiki pelan-pelan,” tutup eks pelatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

Kontoversi Terkait Siaran Langsung Timnas Indonesia U-20 Vs Turki U-20

Sebelumnya, salah satu stasiun televisi swasta Net TV mengabarkan bahwa laga ini akan disiarkan secara langsung oleh mereka. Namun satu hari sebelum pertandingan, Net melalui akun instagramnya menghapus seluruh postingan terkait siaran langsung Indonesia Vs Turki tersebut.

Hal itu membuat netizen kesal dan membanjiri media sosial Net. Netizen mempertanyakan maksud dari Net TV tersebut. Akan tetapi, sampai saat ini, Net TV belum memberikan klarifikasi apapun.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment