Timnas Indonesia

7 Alumni Piala AFF 2020 yang Kini Diabaikan Shin Tae-Yong



7 Alumni Piala AFF 2020 yang Kini Diabaikan Shin Tae-Yong
Ezra Walian

NOBARTV NEWS – Selain dikenal sebagai pelatih disiplin dan ketat, Shin Tae-Yong juga dikenal sebagai pelatih yang kerap gonta-ganti pemain di tubuh skuadnya. Hal ini juga ia terapkan di .

Di 2020 contohnya. Saat itu, Shin Tae-Yong menggunakan jasa Edo Febriansyah di posisi bek sayap kanan. Meski tampil buruk, Edo kembali dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia di FIFA Matchday melawan Timnas Timor Leste beberapa bulan sesudahnya.

Akan tetapi, di SEA Games 2021 kemarin, Edo tidak menjadi pemain yang diminati Shin Tae-Yong. Jangankan masuk skuad, untuk terpilih sebagai pemain yang dipanggil di pemusatan latihan saja, Edo tidak termasuk.

Namun berbeda lagi dengan FIFA Matchday melawan Timnas Bangladesh pada 1 Juni mendatang. Edo, pemain yang sempat bermain buruk itu ‘lagi-lagi' dipanggil Shin Tae-Yong untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia. Sungguh aneh bukan?

Edo Febriansyah termasuk pemain yang beruntung. Meski pernah tampil buruk, namun dirinya masih dilirik oleh pelatih asal Korea Selatan itu.

Akan tetapi, tahukah anda, ada beberapa pemain yang pernah dipercaya Shin Tae-Yong, namun hingga saat ini namanya kian tenggelam dan tersingkir dari skuad Timnas Indonesia.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Setidaknya, ada 7 nama pemain yang termasuk dalam skuad Piala AFF 2020 dan sampai saat ini mereka tidak pernah lagi dilirik oleh Shin Tae-Yong. Siapa saja mereka?

1. Victor Igbonefo

Victor Igbonefo merupakan pemain senior yang sudah lama sekali bermain di klub-klub Indonesia. Saat ini, Igbonefo bermain untuk Persib Bandung di Liga 1 Indonesia. Absennya Igbonefo pasca dipercaya di Piala AFF besar kemungkinan disebabkan karena sang pemain sudah tidak berusia muda lagi.

2. Ryuji Utomo

Ketika bermain dengan status pinjaman di bersama Penang FC, Ryuji termasuk pemain yang bermain sangat apik. Tak heran jika klubnya, Persija Jakarta memintanya kembali ke Indonesia. Absennya Ryuji dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia dikarenakan faktor cidera sehingga ia tidak pernah dipanggil lagi.

3. Marckho Sandi

Memiliki posisi serupa dengan Asnawi Mangkualam Bahar, Marckho kalah bersaing sehingga namanya kian tenggelam di balik popularitas yang didapatkan Asnawi. Dengan bertambahnya Rio Fahmi sebagai pelapis Asnawi, Marckho Sandi tidak pernah dipanggil lagi.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

4. Kadek Agung

Cidera parah membuat Kadek Agung harus banyak-banyak beristirahat. Padahal, pemain Bali United ini termasuk pemain yang tampil baik ketika berseragam Timnas Indonesia. Sayang, cidera parah yang didapatkannya pada Maret lalu memaksanya absen dalam waktu yang tidak sebentar.

5. Ahmad Agung

Nasib Ahmad Agung lebih buruk lagi. Namanya hanya menghiasi daftar pemain yang dibawa ke Piala AFF 2020. Ia bahkan tidak pernah bermain sama sekali dalam event sepak bola dua tahunan di Asia Tenggara itu. Sampai saat ini, Ahmad Agung tidak pernah dipanggil Shin Tae-Yong lagi.

6. Kushedya Hari Yudo

Selama membela Timnas Indonesia di Piala AFF kemarin, Yudo tidak pernah mencetak gol untuk Timnas Indonesia. Padahal, Shin Tae-Yong sering memberikan kesempatan untuknya. Saat ini, Yudo sedang mengalami cidera dan tidak pernah dipanggil Shin Tae-Yong lagi.

7. Ezra Walian

Meski sukses mencetak 2 gol sepanjang turnamen Piala AFF 2020 kemarin, Shin Tae-Yong tidak pernah memanggil lagi penyerang milik Persib Bandung itu. Mandulnya Ezra di level klub barangkali menjadikan alasan Shin Tae-Yong tidak pernah memberikan kepercayaannya kembali.

 

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid