Timnas Indonesia

Resmi: Sandy Walsh & Jordi Amat Akan Disumpah WNI 17 November, Ketum PSSI Minta Keduanya Segera Datang ke Indonesia!

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Teka-teki kelanjutan proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh terbuka sudah. Direncanakan, prosesi terakhir dari proses naturalisasi itu yakni disumpah sebagai WNI akan dilakukan pada Kamis 17 November 2022. Kepastian itu disampaikan oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan lewat akun media sosialnya.

Selain Jordi dan Sandy, satu pemain lagi yakni Shayne Pattynama juga tengah diproses untuk menjadi WNI. Akan tetapi, bek sayap Viking FK itu dipastikan tidak bisa menyusul kedua rekannya karena berkas yang dikirimkan Shayne lebih belakang daripada Sandy dan Amat. Dengan demikian, Sandy Walsh dan Jordi Amat lah yang akan mengikuti prosesi terakhir dari serangkaian proses panjang yang sudah dilalui keduanya.

Sebetulnya, publik sudah berharap banyak agar kedua pemain ini bisa membela di beberapa waktu lalu. Melawan dua tim timur tengah yakni Yordania dan Kuwait, tenaga Sandy Walsh dan Jordi Amat sangat dibutuhkan untuk mengisi posisi belakang Timnas Indonesia. Namun sayang, proses naturalisasi yang tak kunjung selesai itu membuat mereka gagal sehingga harus menunggu berbulan-bulan lamanya untuk sampai ke tahap terakhir (disumpah sebagai WNI) ini.

Namun kabar baiknya adalah, momen keduanya disumpah bersamaan dengan akan dihelatnya even sepak bola dua tahunan di Asia Tenggara yakni 2022. Batas terakhir pengumpulan nama pemain yang ikut dalam turnamen ini adalah 20 November 2022. Dengan demikian, Amat dan Sandy sudah sah dan bisa didaftarkan sebagai pemain Timnas Indonesia di ajang tersebut. Akan tetapi, diperbolehkannya atau tidak Sandy dan Jordi untuk membela Timnas Indonesia adalah urusan klub masing-masing. Namun yang jelas, Piala AFF bukanlah ajang resmi yang masuk dalam daftar FIFA. Sehingga klub berhak untuk menolak pemainnya untuk tampil bersama tim nasionalnya. Terlebih, jika pemain itu merupakan andalan untuk klub yang ia bela.

Adapun terkait kabar akan disumpahnya Sandy dan Jordi, Iwan Bule mengatakan informasi itu baru ia dapatkan dari pihak Kemenkum dan HAM.

“Saya baru saja mendapatkan kabar bahwa hari Kamis tanggal 17 November, Sandy Walsh dan Jordi Amat akan disumpah oleh @kemenkumhamri sebagai Warga Negara Indonesia,” jelas orang nomor satu di PSSI itu.

Ternyata, prosesi itu tidak akan dilakukan secara virtual sebagaimana informasi yang sempat beredar. Iwan Bule meminta Jordi yang saat ini di Malaysia dan Sandy di Belgia untuk datang secara khusus ke Indonesia guna melakukan sumpah tersebut.

“Untuk itu, saya telah meminta Sandy Walsh dan Jordi Amat untuk segera datang ke Indonesia,” ujar Iwan menambahkan.

“Alhamdulillah, terimakasih kepada semua pihak yang telah memperjuangkan hal baik ini. Semoga dengan bergabungnya Sandy dan Jordi, akan menambah kekuatan Timnas. Karena #kitagaruda,” tutup Iriawan dalam akun instagramnya.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid