Piala Dunia 2022

Profil Enner Valencia, Salah Satu Pemain Kunci di Kubu Timnas Ekuador Pada Piala Dunia 2022

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Ekuador siap ambil bagian dalam putaran final November mendatang, meski tak di unggulkan mereka siap tampil mengejutkan. Salah satu pemain kunci Ekuador yang di prediksi akan tampil sebagai pembeda adalah  Enner Valencia.

Pemain yang punya pengalaman bermain di salah satu klub EPL (Everton) ini beroposisi sebagai penyerang, berkat konsistensi serta kerja kerasnya Enner Valencia mampu membawa negaranya melaju ke gelaran Piala Dunia 2022 usai duduk di posisi 4 zona Conmebol.

Profil Enner Valencia

Profil Enner Valencia, Salah Satu Pemain Kunci di Kubu Timnas Ekuador Pada Piala Dunia 2022
Enner Valencia

Enner Remberto Valencia Lastra (lahir 11 April 1989) adalah pemain sepak bola Ekuador yang bermain sebagai striker untuk klub Everton dimana ia berstatus sebagai pemain pinjaman dari West Ham United.

Sejak kecil, Enner sangat mencintai sepakbola. Namun, karena lahir dari keluarga miskin, ia tak pernah mampu membeli sepasang sepatu bola. Untuk membiayai sekolahnya saja, ia harus membantu ayahnya berjualan susu perah.

Valencia memulai karir sepakbolnya di Guayaquil untuk bermain bersama Emelec pada tahun 2008 di tim Junior, tim yang sama di mana Antonio Valencia bermain pada tahun-tahun pertamanya. Namun saat final liga domestik, tim nya kalah melawan klub besar Ecuador LDU Quito. Valencia menjadi runner-up saat melawan LDU Quito dengan skor aggregat 2-1.

Di Caribe Junior, klub yang membesarkan Antonio Valencia juga, bakat Enner semakin terasah. Hingga pada suatu waktu, Enner memberanikan diri untuk mengikuti seleksi di Barcelona Sporting Club, klub terbaik yang ada di Ekuador. Namun, Barcelona menampik Enner. Idolo del Astillero, julukan Barcelona, lebih memilih untuk membeli pemain “jadi” ketimbang memakai jasa pemain lokal.

Penolakan Barcelona tersebut sangat mengguncang hati Enner. Ia sempat tak mau lagi berlatih bola lantaran hal itu. Untungnya, Jorge Sampaoli, yang saat itu melatih Emelec, berhasil mengendus bakat Enner, kemudian merekrutnya.

Tak butuh waktu lama bagi Enner untuk bisa menembus skuat utama Emelec. Ia hanya butuh dua tahun saja. Pasalnya, pada tahun 2010, ia dipanggil Sampaoli untuk memperkuat skuat inti.

Kini sang pemain sudah menembus liga top Eropa, meskipun hanya bermain untuk tim sekelas Everton, namun pengalamannya dapat membantu Ekuador untuk tampil di gelaran Piala Dunia.

Karir Timnas

Pada tahun 2013, ia berhasil membantu Emelec memenangi Serie-A Ekuador. Merebut tahta juara dari Barcelona, klub yang dahulu sempat menolaknya. Selain itu, ia juga menjadi top skor liga dan pada tahun yang sama.

Hal itulah yang membuat Reinaldo Rueda, pelatih timnas Ekuador, memanggilnya untuk memperkuat La Tricolor. Di timnas senior, Enner sebenarnya tak bermain di posisi naturalnya, sebagai wingger. Ia diplot sebagai striker oleh Rueda. Mengingat striker mereka, Christian Benitez, meninggal dunia akibat terkena serangan jantung.

Dan ternyata, pilihan Rueda itu benar adanya. Pemain berusia 25 tahun ini selalu mencetak gol dalam enam laga terakhirnya. Di Brasil Enner sudah mencetak tiga gol, satu gol ke gawang Swiss dan dua gol lainnya ke gawang Honduras.

Ya, meski sudah menjadi terkenal dan diidolai oleh banyak orang, Enner tak pernah lupa dengan kampung halamannya.

Sejak ia punya gaji besar, ia tak pernah lupa menyisihkan gajinya itu, untuk membantu anak-anak di kampung halamannya,

Riacute. Ia selalu menyumbangkan sepatu bola, jersey, dan bola untuk anak-anak Riacute. Karena ia tak mau, anak-anak di kota terpencil itu, mengalami nasib yang serupa dengannya. Harus bersusah payah agar bisa bermain bola.

Enner Valencia
Informasi pribadi
Nama lengkapEnner Remberto Valencia Lastra
Tanggal lahir11 April 1989 (umur 25)
Tempat lahirSan Lorenzo. Esmeraldas, Ekuador
Tinggi174 m (570 ft 10+12 in)
Posisi bermainStriker
Informasi klub
Klub saat iniEverton
(pinjaman dari West Ham United)
Nomor19
Karier junior
2005-2008Caribe Junior
Karier senior*
TahunTimTampil(Gol)
2010-2013Emelec124(27)
2014Pachuca23(18)
2014–West Ham United54(8)
2016–→ Everton (pinjaman)5(0)
Tim nasional
2012-Ekuador34(19)

 

Peter Nawa Nawa

Penggila sepakbola yang tidak bisa bermain bola, tapi cukup lihay dalam menulis berita bola