Timnas Indonesia

STY Kecewa Piala Asia U-20 2023 Dianggap Sepele oleh Klub Liga 1

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Shin Tae-yong kecewa dengan sikap beberapa klub yang tak segera melepas pemainnya dalam TC Garuda muda. Hal itu membuat Shin menganggap mereka tak serius menghadapi Piala Asia U-20 2023.

Sebagaimana diketahui, dalam waktu yang sangat dekat ini, U-20 tidak hanya akan tanding di Piala Asia U-20 saja. Sebab sekitar tiga bulan lagi, skuad asuhan Shin Tae-yong itu juga akan mengikuti even akbar yakni 2023.

Beruntungnya bagi Timnas Indonesia, Hokky Caraka dkk tak perlu melakukan seleksi untuk mentas di Piala Dunia U-20 tersebut. Di saat tim lain diwajibkan mengunci posisi semi-final (Piala Asia U-20) untuk dinyatakan lolos (ke Piala Dunia U-20), Timnas Indonesia tidak. Sebab skuad Garuda muda bakal menjadi tuan rumah sehingga mereka sudah dipastikan lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 nanti.

Bahkan, Timnas Indonesia akan menempati pot 1 bersama tim-tim terbaik – dan nantinya skuad Garuda muda bakal masuk ke dalam grup A.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Namun sayangnya, keistimewaan itu membuat banyak pihak menyepelekannya. Terlebih bagi pelatih Liga 1 yang masih saja menahan pemainnya. Timnas Indonesia memang sudah lolos ke Piala Dunia U-20. Meskipun skuad Garuda muda nanti meraih hasil buruk di Piala Asia U-20, posisi tersebut tidak akan mempengaruhi mereka di Piala Dunia U-20. Skuad Timnas Indonesia tetap dinyatakan lolos.

Namun kata Shin, Piala Asia U-20 juga sama pentingnya. Turnamen sepak bola muda antar negara se-Asia itu seharusnya dijadikan ajang penting sekaligus persiapan bagi skuad Garuda. Bahkan untuk lolos ke Piala Asia U-20 saja tidak semudah itu. Sehingga seharusnya tak ada alasan lagi untuk mengabaikan kompetisi ini dengan menahan pemain yang seharusnya dilepas oleh klub seawal mungkin.

“Harusnya sesuai roadmap. Kami memang persiapan Piala Asia U-20 2023 dari 1 Februari dan mulai turnamen tersebut pada 1 Maret. Mungkin banyak yang berpikir tidak terlalu penting Piala Asia ini,” kata Shin Tae-yong kemarin.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Shin menegaskan bahwa di Piala Asia U-20, skuad Garuda muda bakal melawan tim-tim kuat. Jika sedari awal meremehkan mereka dengan tidak melepas pemain, bagaimana nanti jika Piala Dunia U-20?

“Enggak perlu lolos [ke semifinal] kita pun dapat tiket Piala Dunia. Tapi lawan kita ini sekarang Korea Selatan, Jepang, Australia, Arab Saudi, dan Uzbekistan yang lebih baik dari kita,” ujarnya menambahkan.

“Walaupun kita mulai dari 1 Februari, tentu sangat sulit melawan mereka [di Piala Asia U-20], tetapi banyak yang berpikir kita sudah lolos Piala Dunia, jadi sepertinya banyak yang berpikir ini gampang dan mudah,” keluh Shin.

“Kerugian ini bukan hanya jadi milik kami [pelatih dan pemain], tetapi ini kerugian juga sampai ke masyarakat Indonesia. Jadi saya sebenarnya berharap semua pihak klub membantu,” ujarnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

3 Comments