Timnas Indonesia

Update Rangking FIFA April 2023: Indonesia Naik ke Peringkat 149!

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Kemarin, FIFA lewat laman resminya telah mengupdate peringkat terbaru negara-negara di seluruh dunia. Indonesia berhasil melaju ke posisi 149 yang sebelumnya berada di peringkat 151.

Sebagaimana diketahui, pada bulan Maret kemarin, Indonesia memainkan dua laga bertajuk FIFA Matchday. Di dua laga tersebut, PSSI mempertemukan Marc Klok dkk dengan tim asal Afrika Burundi. Laga tersebut dilaksanakan masing-masing pada tanggal 25 dan 28 Maret di Stadion Patriot Candrabhaga, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

PSSI dan memiliki target khusus ketika melawan tim asal Afrika itu. Skuad Garuda ditargetkan tembus ke peringkat 150 besar dunia. Maka daripada itu, lewat laga melawan Burundi, mereka diharapkan mampu untuk mencapai target yang diinginkannya itu.

Adapun di laga tersebut, anak asuh Shin Tae-yong itu meraih kemenangan satu kali dan bermain imbang satu kali juga. Kemenangan diraih di laga pertama dengan skor meyakinkan 3-1. Tiga gol Timnas Indonesia dicetak oleh Yakob Sayuri, Dendy Sulistyawan, dan Rizky Ridho. Adapun gol sang tamu dikemas oleh Pacifique Niyongabire.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Sementara itu, di laga kedua yang dilangsungkan pada 28 Maret, skuad Garuda ditahan imbang 2-2. Sempat tertinggal 1-2 pada menit ke-90, skuad Timnas Indonesia berhasil menyamakan kedudukan lewat sundulan Jordi Amat di injury time babak kedua. Gol tersebut merupakan gol penyelamatan sekaligus gol perdana Amat untuk Timnas Indonesia.

Berkat kemenangan dan hasil imbang tersebut, skuad Garuda Indonesia berhasil naik 2 strip ke posisi 149. Saat ini, anak asuh Shin Tae-yong itu memiliki poin 1049.

Lalu bagaimana dengan tim-tim Asia Tenggara lainnya?

Diketahui, tidak semua tim ASEAN memainkan laga FIFA Matchday pada Maret kemarin. Tim-tim yang tidak bermain adalah Vietnam, Kamboja, Timor Leste, dan Brunei Darussalam. Meski demikian, posisi mereka di rangking FIFA justru mengalami perubahan.

Sebagai contoh, Vietnam berhasil naik satu tingkat ke posisi 95. Kini skuad The Golden Stars Warriors itu sudah mengumpulkan poin sebanyak 1229. Hal yang sama juga terjadi pada Kamboja. Tuan rumah SEA Games 2023 ini naik satu strip ke posisi 176. Timor Leste pun demikian. Negara yang berada di timur Provinsi Nusa Tenggara Timur itu mengalami kenaikan peringkat ke posisi 196. Hanya Brunei yang bernasib buruk di antara tim-tim yang tak memainkan laga FIFA Matchday. Negara kecil di sebelah utara Sulawesi itu mengalami penurunan peringkat dari posisi 190 ke peringkat 191.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Sedangkan dari tim-tim yang memainkan pertandingan, Malaysia menjadi tim yang paling banyak mendapatkan poin sekaligus kenaikan peringkat. Tim berjuluk Harimau Malaya itu naik 7 tingkat dan kini berada di posisi 138. Selain Malaysia, adapula Indonesia yang naik peringkat (2 tingkat ke 149) dan adapula Singapura (2 tingkat ke 158).

Adapun tim-tim yang mengalami penurunan peringkat dari tim-tim yang bermain adalah Thailand (-3 ke posisi 114), Filipina (-2 ke posisi 136), Myanmar (-1 ke posisi 160), dan Laos (-188).

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

5 Comments