Timnas Indonesia

TC Timnas U-22 Gelombang Pertama Dihiasi Wajah Baru

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Sejak Rabu 1 Maret kemarin, sebanyak 34 pemain telah mengikuti sesi pemusatan latihan gelombang pertama jelang SEA Games 2023. Menariknya, lebih dari setengah dari total keseluruhan pemain tersebut merupakan wajah-wajah baru.

Sebagaimana diketahui, dalam waktu dekat ini, akan kembali beraksi dalam sebuah even resmi. Jadi, selain Piala Asia U-20 dan 2023 untuk Garuda muda, skuad Timnas U-22 yang dipimpin oleh Indra Sjafri akan turut serta dalam even multi olahraga se-Asia Tenggara SEA Games 2023.

Even tersebut rencananya akan dilangsungkan di Phnom Penh, Kamboja. Seperti even SEA Games sebelum-sebelumnya, terdapat salah satu cabang olahraga yang turut dipertandingkan yakni sepak bola. Dalam hal ini, Indra Sjafri yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Teknik PSSI diminta untuk menggantikan posisi Shin Tae-yong sebagai pelatih sebab Coach Shin bakal disibukkan dengan agenda bersama Garuda muda di Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Jadwal even untuk dua kompetisi tersebut memang tak bersamaan. Namun bisa dipastikan persiapan untuk kedua even ini akan berbenturan. Oleh sebab itu, PSSI menunjuk Indra yang sebelumnya juga pernah menjadi pelatih Timnas Indonesia di even serupa (SEA Games 2019 di Filipina).

Nah, dalam pemusatan latihan gelombang pertama kemarin, Indra telah memanggil 34 pemain. Mayoritas pemain yang dipanggil adalah punggawa klub Liga 2 yang saat ini tidak berkompetisi karena liga sedang dihentikan. Hanya beberapa pemain dari Liga 1 yang tampak. Para pemain Liga 1 itu tidak mendapatkan menit bermain yang banyak sehingga klub mempersilakan mereka untuk bergabung di TC tersebut.

Atas dasari itulah, dalam pemusatan latihan tersebut sebanyak 60 persen merupakan wajah baru dalam tim nasional Indonesia.

“Setelah berdiskusi kami memutuskan untuk memanggil pemain-pemain yang di luar pemain reguler Liga 1. Jadi yang main reguler di Liga 1 kami biarkan dulu main di klub masing-masing,” ujar Indra Sjafri.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

“Makanya kita panggil lah pemain dari luar Liga 1 yang tidak reguler dan pemain Liga 2. Alhamdulillah, kemarin latihan sudah mulai kami memanggil 34 pemain dan itu 60 persen lebih adalah pertama kali dipanggil ke tim nasional,” ujarnya menambahkan.

Setelah TC gelombang pertama ini selesai, Indra akan kembali memanggil pemain lainnya di minggu kedua bulan Maret ini.

Lebih lanjut, kata Indra, nantinya 34 pemain yang lolos seleksi gelombang pertama akan digabung dengan pemain yang sudah tampil reguler di Liga 1.

“Metodenya adalah latihan, terus nanti ada tiga kali internal game sebelum nanti kita putuskan dari 34 ini siapa yang nanti akan direkrut dan nantinya akan digabung dengan pemain-pemain reguler di Liga 1,” ujarnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

4 Comments