Timnas Indonesia

Rafael Struick Ungkap Asisten STY Bakal Terbang ke Belanda Guna Cari Pemain Keturunan

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Dalam sebuah wawancara terbarunya, Rafael Struick mengungkapkan jika PSSI sedang memburu pemain keturunan di Belanda.

Sebagaimana diketahui, beberapa waktu lalu, PSSI sukses melakukan proses naturalisasi terhadap lima pemain sekaligus. Awalnya – pada akhir tahun 2022 lalu, PSSI sukses menaturalisasi dua pemain yakni Sandy Walsh dan Jordi Amat.

Setelah itu, pada awal-awal tahun 2023, PSSI juga berhasil merampungkan proses naturalisasi untuk pemain Viking FK Shayne Pattynama. Dan yang paling baru, beberapa minggu menjelang laga FIFA Matchday Juni kemarin, PSSI tuntas melakukan proses naturalisasi kepada dua pemain muda keturunan yakni Ivar Jenner dan Rafael Struick.

Dari kelima nama tersebut, hanya Sandy Walsh yang belum pernah merasakan debutnya dengan . Sejak 2022 lalu sampai FIFA Matchday Juni kemarin, Sandy selalu memiliki halangan untuk memperkuat skuad Garuda. Hal tersebut berbanding terbalik dengan dua pemain terakhir yang melakukan proses naturalisasi tersebut yaitu Ivar Jenner dan Rafael Struick.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Diketahui, Rafael Struick dan Ivar Jenner langsung debut tak lama setelah mereka menyandang status sebagai Warga Negara Indonesia (WNI). Di dua laga FIFA Matchday Juni melawan Timnas Palestina dan Argentina, dua pemain muda yang berkarier di Liga 2 Belanda ini selalu dimainkan. Bahkan, Rafael Struick selalu menjadi starter di dua laga penting tersebut.

Baru-baru ini, kepada media asal Belanda Omroep West, Rafael menceritakan pengalamannya debut dengan Timnas Indonesia. Dalam wawancaranya itu, Rafael mengungkapkan perubahan besar yang dirasakannya pasca tampil membela skuad Garuda. Follower media sosial Rafael meningkat pesat hingga ia cukup populer di Indonesia menjadi salah dua hal yang dirasakannya.

Menariknya, dalam wawancara itu, selain membahas terkait dirinya – Rafael juga menceritakan bahwa beberapa waktu lalu, ia melakukan komunikasi dengan salah satu asisten pelatih Timnas Indonesia. Kata Rafael, dalam waktu dekat ini, sang asisten akan berkunjung ke Belanda. Kunjungan tersebut kata Rafael adalah untuk mencari pemain keturunan lainnya.

Baca Juga:  Elkan Baggott dan Dewangga Dipanggil STY untuk Hadapi Guinea U23

“Saya kebetulan berhubungan dengan asisten pelatih (Timnas Indonesia) beberapa hari yang lalu. Mereka ingin datang ke Belanda,” kata Rafael Struick kepada Omroep West.

“Mereka mencari lebih banyak pemain dari yang saya dengar. Jadi saya pikir dia (asisten pelatih) akan datang,” ujar Rafael memungkasi.

Hal yang disampaikan Rafael bisa benar adanya. Sebab di waktu dekat ini, Timnas Indonesia akan tampil di beberapa even penting. Di beberapa even penting itu, Timnas Indonesia jelas membutuhkan pemain naturalisasi lainnya untuk mengarunginya. Salah dua even yang dimaksud adalah 2026 zona Asia dan Piala Asia 2023.

Di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, skuad Garuda akan bertemu dengan Timnas Brunei Darussalam di Ronde pertama. Jika menang, maka anak asuh Shin Tae-yong itu akan tergabung dalam grup F bersama Timnas Irak, Vietnam, dan Filipina pada Ronde kedua. Adapun di Piala Asia 2023, Marc Klok dkk dipastikan berada di grup D bersama Timnas Irak, Vietnam, dan Jepang.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment