Timnas Indonesia

Sanksi Tak Berlaku Lagi, Komang Teguh cs Diperbolehkan Tampil di Kualifikasi Piala Asia U-23



NOBARTV NEWS – Komang Teguh, Muhammad Taufany, dan Titan Agung dipastikan bisa memperkuat di Kualifikasi 2023. Sebelumnya, ke-tiga pemain tersebut dikenai sanksi oleh AFC buntut kerusuhan di laga final SEA Games 2023.

Beberapa waktu lalu, Timnas Indonesia U-23 tampil dalam ajang U-23 2023. Sayangnya, di ajang tersebut, Shin tidak bisa menggunakan empat pemainnya. Dua pemain tersebut dilanda cedera dan dua pemain lainnya ternyata masih dikenai sanksi.

Dua pemain yang dilanda cedera adalah Bagas Kaffa dan Irfan Jauhari. Irfan bahkan hanya bisa tampil di laga perdana melawan Timnas Malaysia U-23 saja. Setelah itu, ia absen di laga versus Timnas Timor-Leste U-23, Timnas Thailand U-23, dan terakhir Timnas Vietnam U-23. Kabar terbaru menyebutkan kalau sang pemain mengalami cedera ACL.

Adapun untuk Bagas Kaffa, kapten yang berposisi sebagai fullback kanan itu gagal tampil di semifinal dan final melawan Thailand U-23 dan Vietnam U-23.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Sementara untuk dua pemain yang dikenai sanksi yaitu Komang Teguh dan Titan Agung. Komang dan Titan ternyata tak bisa dimainkan karena sanksi dari AFC masih berlaku di Piala AFF U-23 2023. Awalnya, PSSI mengira sanksi tersebut tak berlaku di Piala AFF U-23. Namun ternyata, masih seperti biasa. Sanksi ini sendiri dijatuhkan oleh AFC karena keduanya terlibat di kerusuhan final SEA Games 2023 beberapa waktu lalu.

Saat itu, tiga pemain dan beberapa staf kepelatihan Timnas Indonesia dikenai sanksi oleh AFC. Sanksi yang dijatuhi itu berupa larangan bertanding dan denda. Untuk denda, PSSI sudah melunasinya. Adapun untuk sanksi larangan bertanding, PSSI mengira laga Piala AFF U-23 tidak masuk karena bukan kalender resmi FIFA.

Oleh karenanya, ketika ketiga nama pemain tersebut (yang dikenai sanksi) muncul dalam daftar skuad untuk Kualifikasi Piala Asia U-23, PSSI segera mungkin mengirim surat kepada AFC. PSSI hendak menanyakan boleh tidaknya memanggil dan memainkan Komang Teguh cs di even tersebut.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Kabar baiknya, AFC telah memberikan jawabannya. Dalam keterangannya, AFC memastikan kalau tiga yang dikenai sanksi itu bisa tampil di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Kabar gembira ini disampaikan oleh anggota Exco PSSI Arya Sinulingga.

“Kemarin sore, kami sudah mendapatkan surat konfirmasi dari AFC yang menyatakan bahwa AFC Qualifiers adalah kompetisi resmi yang diorganisir oleh AFC. Lalu, Asian Games adalah turnamen persahabatan dengan kategori usia yang berbeda dengan SEA Games,” terang anggota Komite Eksekutif PSSI Arya Sinulingga.

“Dengan klarifikasi tersebut pemain-pemain yang diajukan oleh pelatih Shin Tae-yong bisa ikut pertandingan Kualifikasi Piala Asia U-23 2024,” tutupnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid