Timnas Indonesia

Tak Cuma Asnawi, STY Sebut Semua Pemainnya Tampil Baik dengan Timnas Indonesia



NOBARTV NEWS – Pelatih asal Korea Selatan Shin Tae-yong tak ingin membanding-bandingkan anak asuhnya. Meskipun beredar kabar kalau Asnawi adalah pemain favoritnya, namun Shin dengan tegas membantahnya.

Seperti yang diketahui, Shin adalah pelatih yang resmi menahkodai skuad Garuda sejak tahun 2019 lalu. Di tangannya, penampilan skuad Garuda semakin diperhitungkan oleh lawan-lawannya.

Tak hanya tampil baik di setiap pertandingan yang diikutinya, pelatih yang juga mantan pemain Timnas Korea Selatan itu juga mengubah fisik skuad Garuda. Selain itu, Shin juga membawa Timnas Indonesia dari peringkat bawah FIFA hingga terbaru kini berada di posisi 145.

Sebagai pelatih pada umumnya, Shin tentu mempunyai pemain favorit. Hal tersebut wajar karena pelatih di benua lain juga melakukan hal yang sama. Untuk Timnas Indonesia, Shin disebut-sebut memiliki pemain favorit pada sosok Asnawi Mangkualam Bahar.

Shin adalah sosok yang menawarkan Asnawi ke klub Korea Selatan Ansan Greeners. Bisa pula diartikan bahwa Shin Tae-yong lah yang membuka jalan bagi Asnawi untuk bermain di luar negeri. Bahkan, saking banyaknya kepercayaan yang diberikan Shin kepada Asnawi, pemain yang kini merumput di Jeonnam Dragons itu dijadikan pemain utama.

Asnawi pasti dimainkan di laga-laga penting Timnas Indonesia. Tak selesai sampai di situ saja, Asnawi kini menjadi kapten utama Timnas Indonesia. Maka daripada itu, masyarakat pecinta sepakbola Indonesia sepakat jika menyebut Asnawi adalah pemain favorit sang pelatih.

Tak Cuma Asnawi, STY Sebut Semua Pemainnya Tampil Baik dengan Timnas Indonesia
Momen kebersamaan Shin Tae-yong dan Asnawi Mangkualam Bahar beberapa tahun silam

Namun ternyata, hal itu ditepis oleh pelatih sendiri. Shin menyebut peran Asnawi dengan skuad Garuda yang lain sama baiknya. Ia tidak ingin membeda-bedakan antara satu pemain dengan pemain lainnya.

“Tidak hanya Asnawi, pemain-pemain lainnya juga tampil cukup baik,” ujar Shin Tae-yong sebagaimana dilansir Best Eleven.

“Jadi saya rasa kami bisa,” ujarnya menambahkan.

Lebih lanjut, kata STY lagi, ia turut mengomentari skuad Garuda yang kini diisi oleh banyak pemain naturalisasi. Kata Shin, kehadiran pemain naturalisasi tersebut cukup baik karena mereka mampu beradaptasi dengan baik. Dengan lantangnya, Shin juga menyebut skuad Garuda Indonesia saat ini tak seperti dulu. Hal tersebut bisa diartikan kalau Timnas Indonesia era sekarang lebih mengeringkan dibandingkan beberapa tahun ke belakang.

“Para pemain naturalisasi beradaptasi cukup baik dengan tim. Anda harus melihat dengan jelas bahwa Indonesia tidak lagi seperti dulu,” ujarnya memungkasi.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid