Timnas Indonesia

Alasan STY Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

TOPIK BERITA :


Alasan STY Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023
Shin Tae-Yong

NOBARTV NEWS – Event sepak bola terbesar di benua Asia yakni Piala Asia 2023 dihelat kurang dari satu tahun lagi. Namun lokasi pertandingan belum dipastikan usai China memutuskan diri untuk mundur sebagai tuan rumah imbas pandemi covid-19.

Beberapa negara telah mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah. Australia, Jepang, Qatar, dan Korea Selatan adalah daftar negara yang telah mengajukan diri menggantikan China.

Akan tetapi, baru-baru ini, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengumumkan jika Indonesia secara resmi telah berkirim surat ke AFC. Ternyata, Indonesia ikut mengajukan diri sebagai tuan rumah dalam ajang tersebut. Iriawan mengklaim jika pemerintah Indonesia – Presiden RI hingga Kementerian Pemuda dan Olahraga telah menyetujui permohonan PSSI itu.

Tahun depan, Indonesia juga bertindak sebagai tuan rumah untuk ajang .

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

“Setelah PSSI berkoordinasi dengan pemerintah dalam hal ini Kemenpora, PSSI resmi mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023,” ujar Mochamad Iriawan dilansir dari situs resmi PSSI.

AFC menyambut baik rencana PSSI – mereka bahkan telah meminta PSSI untuk mengirim persyaratan untuk menjadi tuan rumah nanti.

“Semua persyaratan yang diminta oleh AFC segera kita siapkan dan akan kita kirimkan secepat mungkin,” ujar Iriawan menambahkan.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainuddin Amali menyetujui permohonan PSSI tersebut. Bahkan, menurut Amali, Presiden RI, Joko Widodo mendukung keputusan tersebut.

“Saya langsung laporkan Presiden untuk meminta arahan. Kata beliau menyampaikan, silakan kita mengajukan diri,” papar Zainuddin Amali.

Pelatih , Shin Tae-Yong turut berkomentar. Menurutnya, Indonesia harus bertindak sebagai tuan rumah. Banyak keuntungan yang akan didapatkan oleh tim tuan rumah. Salah satunya adalah ia akan ditempatkan di pot A – yang di mana, di sana akan diisi oleh tim-tim kuat dengan peringkat terbaik FIFA.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Jika Indonesia benar-benar menjadi tuan rumah, maka skuad asuhan Shin Tae-Yong itu akan ditempatkan bersama Korea Selatan, Jepang, hingga Iran. Dengan demikian, maka Indonesia dipastikan tidak akan segrup dengan tim-tim kuat tersebut di babak pembagian grup.

“Kalau menurut saya Indonesia harus menjadi tuan rumah. Piala Asia turnamen mayor, harus menjadi tuan rumah. Dengan menjadi host diharapkan infrastrukturnya menjadi lebih baik juga, usia dini juga pasti menjadi berkembang karena perbaikan infrastruktur ini,” papar pelatih asal Korea Selatan itu.

 

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid