Timnas Indonesia

STY Ungkap Kekurangan Timnas U-19, Media Vietnam Menyindir: Mungkin Mereka Bermain di Bawah Tekanan!

TOPIK BERITA :


STY Ungkap Kekurangan Timnas U-19, Media Vietnam Menyindir: Mungkin Mereka Bermain di Bawah Tekanan!
Shin Tae-yong dan staf pelatih

NOBARTV NEWS – Lima hari sudah skuad Garuda muda menjalani pemusatan latihan jelang bergulirnya Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Selama pemusatan latihan tersebut, pelatih Timnas U-19, Shin Tae-yong mengungkapkan kekurangan yang dirasakan oleh anak asuhnya. Pelatih asal Korea Selatan itu menyebut anak asuhnya masih grogi.

Namun bagi Shin, hal itu cukup wajar karena Ronaldo Kwateh dkk baru memulai latihan kurang dari satu minggu.

“Mereka grogi karena baru berlatih. Jadi kami harus memantau selama sepekan,” ujar Shin Tae-yong.

Untuk diketahui, pemusatan latihan kali ini tidak diikuti oleh seluruh pemain yang telah dipanggil. Beberapa di antaranya masih dibutuhkan oleh klub masing-masing. Seperti lima punggawa Persija Jakarta antara lain Muhammad Ferrari, Cahya Supriadi, dan lainnya. Begitu juga dengan gelandang serang Persebaya Surabaya, Marselino Ferdinan. Pemain-pemain tersebut merupakan skuad inti di klubnya masing-masing sehingga mau tak mau harus menahan diri untuk bergabung dengan Timnas U-19 karena jasanya (di klub) masih sangat dibutuhkan.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Di babak kualifikasi nanti, Timnas Indonesia akan berhadapan dengan tiga tim lainnya yakni Timnas Vietnam, Hongkong, dan Timor Leste.

Sebagaimana diketahui, Vietnam dan Garuda Nusantara pernah berjumpa pada U-19 2022. Saat itu, kedua tim bermain imbang. Namun Vietnam unggul dan berhak melaju ke babak semi-final karena unggul head to head dengan Timnas Indonesia.

Belajar dari pengalaman di event sebelumnya, media Vietnam menyebut Indonesia ingin membalas dendam kepada skuad asuhan Dinh The Nam itu. Media tersebut mengkalim anak asuh Shin Tae-yong itu berada di bawah tekanan jelang bergulirnya babak kualifikasi tersebut.

“Shin Tae-yong ingin balas dendam ke Vietnam karena tersingkir di Piala AFF U-19. Ia kemudian menaruh harapan tinggi kepada anak asuhnya,” rilis Soha VN, kemarin.

“Mungkin bermain di bawah tekanan adalah sesuatu yang tidak biasa dilakukan oleh bintang muda (Indonesia). Karena itu pelatih Shin Tae-yong mengakui bahwa Indonesia merasa takut,” lanjut media tersebut.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Sejauh ini, persiapan Timnas Vietnam untuk mengarungi babak kualifikasi jauh lebih baik dari Timnas Indonesia. Di saat Timnas U-19 baru memulai pemusatan latihan, skuad The Young Golden Starts sudah melakukan tiga uji coba di Jepang. Meski tidak pernah menang dalam laga uji coba tersebut, namun mereka memiliki pengalaman yang lebih baik dari Indonesia.

Bahkan dikabarkan, Vietnam akan kembali berujicoba dengan Timnas Palestina sebagai persiapan terakhir sebelum Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Adapun Indonesia, sampai saat ini belum menentukan lawan uji coba yang akan dihadapi sebelum mengikuti babak kualifikasi tersebut.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid