Timnas Indonesia

Drawing Asian Games 2022 Dihelat 27 Juli 2023, PSSI Kirim U-22 atau U-20?



NOBARTV NEWS – Drawing Asian Games 2022 untuk cabang olahraga (cabor) sepakbola putra akan dilakukan pada 27 Juli 2023 mendatang.

Seperti yang diketahui, tidak hanya akan turun di satu even saja pada tahun 2023 ini. Setelah sebelumnya Timnas Indonesia U-22 bermain di SEA Games 2023 di Kamboja, Timnas kelompok umur lainnya yaitu U-24 juga akan bermain di ajang multi olahraga lainnya yaitu .

Sejatinya, SEA Games dan Asian Games memiliki kesamaan. SEA Games merupakan multi-olahraga yang memainkan banyak sekali pertandingan. Baik itu sepak bola, basket, hingga voli. Akan tetapi, SEA Games hanya dimainkan oleh negara-negara Asia Tenggara atau ASEAN. Ajang ini juga digelar satu kali dalam dua tahun.

Adapun Asian Games, memiliki makna yang serupa – namun even ini yang dimainkan oleh lingkup yang lebih besar. Ya, jika SEA Games hanya diikuti beberapa negara saja, Asian Games jauh lebih besar. Asian Games mempertemukan seluruh negara se-benua Asia dan digelar satu kali dalam empat tahun. Dikarenakan even ini lebih besar dari SEA Games, maka jelas pemenang untuk ajang ini lebih superior dan menarik dari even lainnya.

Di even SEA Games 2023 kemarin, PSSI mengirimkan pemain Timnas Indonesia U-22 dan menunjuk Indra Sjafri sebagai pelatihnya untuk cabang olahraga sepak bola putra. Menariknya, di even ini Ramadhan Sananta dkk berhasil keluar sebagai juara setelah 32 tahun lamanya absen merengkuh medali emas.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Di partai final saat itu, skuad Garuda Indonesia mengalahkan peraih trofi terbanyak SEA Games yakni Timnas Thailand. Anak asuh Indra Sjafri itu menang dengan skor meyakinkan 5-2 lewat babak extra time.

Adapun untuk Asian Games 2022 mendatang (dilaksakan tahun 2023), ajang ini rencananya akan digelar di Hangzhou China pada 23 September sampai 8 Oktober 2023. Untuk ajang ini pula, PSSI telah menunjuk Indra Sjafri sebagai pelatihnya. Jadi, meskipun Indra kini berstatus sebagai pelatih permanen untuk Timnas U-20, namun ia diminta untuk tetap sebagai nahkoda di even tersebut.

PSSI Ingin Gunakan Timnas Indonesia U-20 di Asian Games 2022

Beberapa waktu lalu, Erick Thohir sempat merencanakan untuk mengirim pemain muda untuk bermain di Asian Games 2022. Kata Erick, pemain yang diharapkannya tampil adalah skuad Timnas Indonesia U-20.

“Nanti makannya saya bicara ke Coach Indra, yang Asian Games kami akan siapkan U-20 terus kenapa takut,” kata Erick Thohir pada 6 Juli kemarin.

Lebih lanjut, kata Erick lagi, ia sengaja mengharapkan pemain muda yang tampil agar mereka memiliki pengalaman dari even yang diikutinya itu. Terlebih, untuk ajang ini PSSI tidak memberikan target apapun kepada mereka.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

“Sama Argentina aja sudah berani. Tapi kan itu, tidak ada target,” lanjut pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu.

Indra Sjafri Condong Kirim Timnas U-22 ke Asian Games 2022

Berbeda dengan Erick Thohir, sang pelatih Indra Sjafri justru lebih condong untuk mengirim pemain Timnas Indonesia U-22 peraih medali emas SEA Games 2023 ke even Asian Games nanti. Walaupun demikian, Indra juga tak menutup kemungkinan untuk menambah pemain lainnya yang berasal dari Timnas Indonesia U-20.

“Mungkin pemain-pemainnya sebagian besar anak-anak alumnus SEA Games 2023. Itu plan A-nya. Nanti kita tunggu saja. Saya akan bikin programnya dulu. Plan A ini, plan B ini,” ujar eks pelatih Bali United itu.

Adapun untuk drawing cabang olahraga sepak bola Asian Games 2022, rencananya akan digelar pada 27 Juli 2023 di China. Hal itu dikonfirmasi oleh K League.

“Asian Games 2022 akan dimulai pada September 2023 dengan cabor sepak bola bakal dimulai pada 19 September 2023 hingga 7 Oktober 2023,” tulis K League United dalam pemberitaannya.

“Pengundian penyisihan grup sepak bola putra Asian Games 2022 bakal berlangsung pada Kamis, 27 Juli 2023,” tutupnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment